Analisis Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya pada PT Perkebunan Nusantara IV Kota Medan

Manalu, Yuyun Handayani (2021) Analisis Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya pada PT Perkebunan Nusantara IV Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Yuyun Handayani neww.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan penyusunan anggaran biaya produksi dari tahun 2013 – 2017 pada PT Perkebunan Nusantara IV Medan dan mengetahui pelaksanaan pengendalian anggaran biaya produksi dari tahun 2013 – 2017 pada PT Perkebunan Nusantara IV Kota Medan. Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan penyusunan anggaran PT Perkebunan Nusantara IV sudah menerapkan sistem bottom up, yaitu perusahaan mengikut sertakan semua bagian-bagian mulai dari bagian terendah sampai bagian tertinggi untuk memberikan penyusunannya perusahaan belum menggolongkan anggaran biaya produksi kedalam tiga kelompok sesuai teori, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Sedangkan berdasarkan analisa penyimpangan biaya produksi dari tahun 2013-2017 selama 5 tahun berturut-turut antara anggaran dan realisasi biaya produksi mengalami favortable yaitu penyimpangan yang menguntungkan di mana tiap tahunnya terus meningkat. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa perencanaan dan pengendalian atas biaya produksi belum cukup berjalan dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Anggaran Biaya Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Biaya
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:57
Last Modified: 09 Aug 2022 07:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14839

Actions (login required)

View Item View Item