Pengaruh Mekanisme Bonus, Tax dan Intangible Asset Terhadap Keputusan Transfer Princing (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode tahun 2016-2019)

Alfinsyah, Riski (2021) Pengaruh Mekanisme Bonus, Tax dan Intangible Asset Terhadap Keputusan Transfer Princing (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode tahun 2016-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Muhammad Riski Alfinsyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada perusahaan-perusahaan multinasional, sering kali melakukan pembelian atau penjualan antar anak perusahaan atau kepada perusahaan yang bekerjasama untuk pengembangan perusahaan. Sering kali perusahaan-perusahaan tersebut menetapkan harga yang berbeda dengan harga pasar yang biasanya bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaannya, hal inilah yang di sebut Transfer Pricing. Akantetapi Praktik tersebut dapat memberikan dampak menguapnya pendapatan Negara berkembang sekitar 4 – 10% setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh mekanisme bonus, tax (pajak) dan Intangible asset (aset tak berwujud) terhadap keputusan manajemen dalam melakukan kebijakan transfer pricing. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang lebih menekankan pada aspek pengukuran secara obyektif terhadap fenomena sosial. Kuantitatif memiliki informasi atau data yang disajikan dalam bentuk angka. Hasil penelitian menjelaskan mekanisme Bonus tidak berpengaruh tetapi signifikan terhadap transfer pricing yang berdasarkan nilai koefisien t- tabel lebih besar dari t-hitung (1.68709 > 0.793320). Tax (pajak) tidak berpengaruh terhadap transfer pricing yang berdasarkan nilai koefisien t-tabel lebih besar dari t-hitung (1.68709 > 0.902434). Intangible Asset (Aset tak berwujud) tidak berpengaruh terhadap transfer pricing berdasarkan nilai koefisien t-tabel lebih besar dari t-hitung (1.68709 > 0.198790). Variabel mekanisme bonus tidak berpengaruh, Variabel tax (pajak) tidak berpengaruh, Variabel intangible asset (aset tak berwujud) tidak berpengaruh pada transfer pricing perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019 berdasarkan nilai uji F secara simultan Prob > chi2 0,836874. Nilai signifikansi 0,836874 > 0,05 menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas tidak berpengaruh terhadap transfer pricing pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Bonus, Tax, Intangible Asset dan Transfer Pricing.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:03
Last Modified: 09 Aug 2022 06:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14826

Actions (login required)

View Item View Item