Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah di SMK Raudlatul Uluum-1 Aek Nabara Labuhan Batu

Alam, Tri Rifai (2021) Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah di SMK Raudlatul Uluum-1 Aek Nabara Labuhan Batu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis Tri Rifai Alam - 3003183075 (3).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana penerapan tentang kurikulum 2013 yang diterapkan pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam membentuk akhlakul karimah di SMK Raudlatul Uluum-1 Aek Nabara Labuhanbatu. 2) apa saja bentuk problematika yang sedang dihadapi dalam proses penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam membentuk akhlakul karimah di SMK Raudlatul Uluum-1 Aek Nabara Labuhanbatu, 3) upaya untuk dapat mengatasi problematika yang sedang terjadi dalam proses penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)dalam membentuk akhlakul karimah di SMK Raudlatul Uluum-1 Aek Nabara Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan sebuah data dari sumber data dan lokasi penelitian (Field Research) yang sifatnya natural (Kualitatif Naturalistic) sehingga metode penelitian ini sangat efektif digunakan dalam penelitian ini. Setelah itu data tersebut disajikan kedalam bentuk tulisan yang tersistematis deskriptif dan dilakukan analisis untuk memberikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Problematika dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI yaitu para guru yang mengajar PAI sulit untuk merubah mindset ataupun kebiasaannya yang lama ketika mengajar. Media pembelajaran yang digunakan masih belum cukup lengkap, selain itu kurangnya mengikuti kegiatan pelatihan, kurangnya wawasan tentang pembelajaran dan pengalaman mengajar. Pembinaan untuk menanamkan akhlak peserta didik dari para orang tua juga masih kurang; dan masih ada beberapa guru yang bisa melakukan pendekatan secara Saintifik dan menggunakan penilaian bersifat Autentik. Adapun usaha nya yakni pihak sekolah harus berusaha melengkapi fasilitas belajarnya dan melakukan evaluasi pada kurikulum 2013 yang sudah digunakan; Guru PAI harus berusaha mengubah mindset dan belajar teknologi dan membuat media pembelajaran PAI dan usaha lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, SMK Raudhatul Uluum-1 Aek Nabara Labuhan Batu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:54
Last Modified: 05 Aug 2022 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14681

Actions (login required)

View Item View Item