Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV di SD Negeri Lawe Dua Aceh Tenggara

Assingkily, Maiyatul Jannah (2021) Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV di SD Negeri Lawe Dua Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Upload repository- MAIYATUL JANNAH ASSINGKILY, 0306172103, KUTACANE, FITK, PGMI (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian bertujuan: (1)tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang bagaimana pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN Aceh Tenggara, (2) untuk mendapatkan informasi apakah dengan memanfaatkan lingkungan di sekitar bisa membantu untuk mempermudah guru dalam proses belajar mengajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN Lawe Dua Aceh Tenggara, (3) kemudian untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN Lawe Dua Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian ini fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah guru IPA kelas IV SDN Lawe Dua. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Guru IPA kelas IV SDN Lawe Dua sudah berupaya memanfaatkan lingkungan yang ada disekitar sekolah sebagai sumber pembelajaran. (2) Belajar dengan membawa siswa ke luar kelas banyak memberi kemudahan bagi guru, siswa fokus mengamati hal baru, siswa terstimulus untuk aktif bertanya dan diskusi, pembelajaran lebih asyik dan siswa menikmati itu, serta alam menjadi media pembelajaran. (3) Faktor pendukungnya itu, lingkungan yang masih sejuk, asri, siswa lebih antusias dan tertarik. Faktor penghambatan yakni, cuaca yang berubah-ubah, dan dalam mengkondisikan siswa ketika di luar kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar, IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:56
Last Modified: 05 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14676

Actions (login required)

View Item View Item