Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah Pada Pt. Bank Sumut Syariah Cabang pembantu Stabat Kabupaten Langkat

Herlina, Sri (2010) Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah Pada Pt. Bank Sumut Syariah Cabang pembantu Stabat Kabupaten Langkat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesisi HERLINA.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Jumlah nasabah PT.Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat pada tahun 2008 dan tahun 2009 ada kenaikan dan penurunan, maka perumusan masalahnya adalah: 1.Bagaimana strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat di Kabupaten Langkat untuk meningkatkan jumlah nasabah? 2.Bagaimana penilaian nasabah tentang strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat di Kabupaten Langkat untuk meningkatkan jumlah nasabah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat di Kabuptaten Langkat, untuk mengetahui dan mengevaluasi penilaian nasabah terhadap strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat Kabupaten Langkat . Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua jumlah nasabah yaitu 3.144 nasabah. Sedangkan sampel penelitian diambil 5 % dari jumlah nasabah dari masing-masing produk yaitu berjumlah 163 respondent yang kemudian diberi angket. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi dalam dua kategori besar yaitu yang bersifat primer dan skunder a.Data Primer, yaitu data yang didapat dari sumber pertama yaitu pihak PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat dan hasil angket yang disebarkan kepada nasabah b.Data skunder, merupakan data primer yang telah diolah lebih lanjut baik dalam bentuk tabel atau diagram seperti struktur organisasi PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat. Hasil penelitian ternyata strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat di Kabupaten Langkat untuk meningkatkan jumlah nasabah memakai sistem bauran pemasaran (marketing mix) yang sering disingkat dengan 4P mencakup price, product, promotion, place. PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat memberikan bagi hasil/margin keuntungan yang diberikan kepada nasabah dimana untuk tabungan bagi hasil/marginnya lebih besar dan untuk pembiayaannya marginnya lebih kecil dibandingkan bank lainnya, uang administrasi untuk pemeliharaan rekening Rp.2.000,- perbulan, melayani berbagai produk yang ditawarkan diantaranya Tabungan Marhamah, Tabungan Marwah, Tabungan Haji Makbul, Deposito Ibadah, Simpanan Giro, Untuk pembiayaannya melalui Gadai Emas, Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Mudharaba dan Pembiayaan Musyarakah. Penilaian nasabah terhadap strategi pemasaran pada PT.Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat sangat baik, memuaskan nasabah, efektif, diharapkan akan semakin menambah jumlah nasabah. Setelah diperoleh data dilakukan Uji Statistik Chi Kuadrat dengan dengan taraf signifikansi α = 0,05 hasil pengujian ada perbedaan persepsi respondent terhadap penilaian strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat, antara kelompok umur 20-30 tahun, 31- 40 tahun, 41-50 tahun dan 51-60 tahun. Tingkat pendidikan antara lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA, lulusan D3, lulusan S1 dan lulusan S2. Jenis pekerjaan antara bidan, dokter, guru, karyawan, nelayan, pensiunan, pengusaha, petani, PNS, polisi dan wiraswasta. Agama antara Islam, Kristen, Hindu dan Budha. Dan jenis kelamin antara pria dan wanita.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 04 Apr 2017 13:02
Last Modified: 04 Apr 2017 13:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item