Pengaruh Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) ( pada Perusahaan Pertambangan) di BEI 2015-2019

Kekalenate, Khairunnisa (2021) Pengaruh Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) ( pada Perusahaan Pertambangan) di BEI 2015-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSII KHAIRUNNISA KEKALENATE-dikonversi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengatuuh Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Profitabilitas dan Leverage terhadap luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia latar belakang masalah penelitian ini adalah meningkatnya jumlah CSRD di sertai dengan penurunan jumlah Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, meningkatnya jumlah Profitabilitas dan menurunnya Leverage perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 dan sampel yang digunakan adalah perusahaan yang mencantumkan jumlah Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan di laporan keuangannya selama tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling . Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dimana Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Profitabilitas di proksikan dengan Return On Asset (ROA), dan Leverage di proksikan dengan Debt Equity Ratio (DER) sebagai variabel independen dan Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan berpengaruh positif tidak signifikan dengan nilai 0,520 dan signifikan sebesar 0,605, begitu juga dengan Profitabilitas yang berpengaruh signifikan dengan nilai 4,879 dan nilai signifikan 0,000, dan Leverage berpengaruh negatif tidak signifikan dengan nilai -0,618 dan nilai sig 0,539 terhadap CSRD. Secara simultan Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan sebesar 8,285 dengan signifikan 0,000 terhadap CSRD. Dari hasil koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan pengaruh Biaya Eksplorasi dan pengembangan Tangguhan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh sebesar 30,7% CSRD di pengaruhi Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Profitabilitas, dan Leverage. Sedangkan sisanya sebesar 69,3% tidak disebutkan dipenelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Profitabilitas, Leverage,Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:31
Last Modified: 28 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14459

Actions (login required)

View Item View Item