Kemampuan Baca Al-Qur’an Anak Dalam Keluarga Nelayan di Desa Pangkalan Lunang Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhanbatu Utara

Hidayat, Taufik (2021) Kemampuan Baca Al-Qur’an Anak Dalam Keluarga Nelayan di Desa Pangkalan Lunang Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI LUK TAUFIK HIDAYAT 0301171344 (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana orang tua memberikan pendidikan Al-Qur’an kepada anaknya, dan apa saja kendala dalam proses membaca atau mempelajari Al-Qur’an anak dan upaya menyelesaikannya, dikhususkan kepada keluarga nelayan Muslim yang ada di Desa Pangkalan Lunang Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Untuk pendekatannya ialah pendekatakan naturalistic. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi partisipatif, deep interview, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 keluarga dan 5 anak yang bekerja sebagai nelayan dan memiliki usia 6-22 tahun. Dan 5 orang tokoh masyarakat sebagai penambah informan. Objek penelitian adalah Kemampuan Baca Al-Qur’an Anak Dalam Keluarga Nelayan di Desa Pangkalan Lunang Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhanbatu Utara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan baca Al-Qur’an anak dalam keluarga nelayan di Desa Pangkalan Lunang Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhanbatu Utara, kelima keluarga yang penulis jadikan objek dalam penelitian ini para nelayan cenderung tidak mempunyai waktu dalam memberikan pendidikan Al-Qur’an pada anaknya sehingga para nelyan hanya mengharapkan kepada guru mengaji dan juga yang ada di sekolah dan ditempat- tempat mereka belajar. Meskipun demikian, para nelayan sangat mengharapkan anak-anak mereka bisa berguna untuk keluarga dan masyarakat, menjadi anak anak soleh dan solehah yang kelak mendoakan mereka setelah mereka tiada.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Baca Al-Qur’an, Keluarga Nelayan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:47
Last Modified: 20 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item