Pola komunikasi organisasi pada Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 1 Medan dalam membentuk kepribadian Islami Siswa

Astri, Ussy Ariska (2021) Pola komunikasi organisasi pada Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 1 Medan dalam membentuk kepribadian Islami Siswa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi USSY ARISKA ASTRI .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pola komunikasi organisasi oleh Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 1 Medan dalam membentuk kepribadian Islami Siswa. Pendekatan penelitian ini ialah kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari tujuh informan. Pembina, ketua OSIM, ketua KKD, ketua Pelatih Instruktur, alumni instruktur, dan dua adik binaan. Hasil penelitian ini ialah pertama, Pola komunikasi rantai dibentuk dalam kegiatan masa ta’aruf. Kedua, pola komunikasi bintang dibentuk dalam kegiatan mentoring (pembinaan rutin), KKD Fiqih Wanita, dan MANDIRI. Pola komunikasi roda dibentuk melalui kegiatan KKD goes to panti, pelatihan instruktur, radio dakwah, dan PTSR. Kedua, Hambatan komunikasi organisasi yang terjadi pada Organisasi Siswa Intra Madrasah MAN 1 Medan dalam proses membentuk kepribadian Islami Siswanya terdapat lima hambatan komunikasi yaitu, (a) hambatan teknis berupa tidak tepatnya memberi jadwal rapat kegiatan, tempat kegiatan, dan tidak kondusifnya adik binaan di KKD saat berada dalam forum kegiatan KKD (b) hambatan perilaku, berupa prasangka berlebihan yang berdampak buruk antar sesama pengurus dan juga adanya pemaksaan mengikuti kegiatan KKD dari pengurus OSIM terhadap adik binaan. (c) hambatan bahasa berupa terlalu cepat atau terburu-burunya pengurus OSIM menyampaikan informasi sehingga menimbulkan miss communication terhadap adik binaan. (d) hambatan struktur berupa keegoisan dari sesama pengurus OSIM yang asumsinya atau pendapatnya harus diikuti dan didengar sebab sesam pengurus OSIM statusnya sebaya dalam usia. (e) hambatan jarak berupa rapat dan kegiatan yang dilakukan secara online (daring). Ketiga, Keberhasilan yang dicapai oleh OSIM MAN 1 Medan dalam membentuk kepribadian Islami siswanya yakni pertama, Menjaga Shalat wajib 5 waktu dan Shalat Sunnah Dhuha. Kedua rajin membaca Alquran. Ketiga, Istiqomah dalam menutup dengan berjilbab. Keempat, senantiasa melakukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Penelitian ini dapat menjadi kajian dari literatur dan hasil penelitian ini bisa menjadi sumbangan pengetahuan dan wawasan dalam ilmu komunikasi sehingga penelitian ini bisa menjadi rujukan tentang pola komunikasi organisasi dan juga tentang kepribadian islami.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:30
Last Modified: 18 Jul 2022 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item View Item