Evaluasi Program Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Evaluatif pada MTs. Muallimin UNIVA Medan)

Fahma, Aulya (2021) Evaluasi Program Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Evaluatif pada MTs. Muallimin UNIVA Medan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS AULYA FAHMA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui evaluasi konteks pelaksanaan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Muallimin UNIVA Medan, untuk mengetahui evaluasi input pelaksanaan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Muallimin UNIVA Medan, untuk mengetahui evaluasi proses pelaksanaan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Muallimin UNIVA Medan, dan untuk mengetahui evaluasi produk pelaksanaan program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Muallimin UNIVA Medan. Penelitian ini menggunakan evaluasi program dengan CIPP model (Context, Input, Process, Product) kualitatif deskriptif, pengumpulan data mengacu pada tabel instrumen evaluasi CIPP yang dibuat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya melalui tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang penulis peroleh dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Evaluasi konteks, peluang yang dilihat dalam program ini yaitu banyaknya peserta didik yang memiliki bakat dan kreatifitas yang harus didukung dan difasilitasi agar berkembang lebih optimal. Program ini dibuat dimaksudkan dan dibentuk untuk menciptakan siswa yang unggul dimana nantinya program kelas unggulan ini akan menjadi icon madrasah dan menunjukkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Muallimin memiliki siswa- siswi Unggul didalamnya.. 2) Evaluasi input, pendekatan yang dilakukan adalah dengan melakukan penyaringan terhadap siswa. Dalam hal ini calon siswa di tes kemudian ditawarkan, bersedia atau tidak untuk masuk ke kelas unggulan. Ketika sudah masuk, maka dilakukan tes kembali untuk penempatan kelas.. 3) Evaluasi proses, kinerja program dapat dikatakan baik meski belum maksimal. Hubungan antara pelaksana dengan peserta didik baik. Kepercayaan orangtua siswa sangat penuh kepada madrasah sehingga menitipkan dan mempercayakan secara penuh bagaimana perkembangan anaknya kepada madrasah. 4) Evaluasi produk, hasil yang dicapai dari program ini sudah baik meskipun belum maksimal sesuai yang diharapkan. Ouput yang dihasilkan mampu melanjutkan ke sekolah favorit mereka. 80% lulusan Madrasah Tsanawiyah Muallimin mampu melanjutkan pendidikannya ke sekolah atau madrasah Negeri. Program kelas unggulan ini layak untuk tetap dilanjutkan dengan syarat merumuskan kembali tujuan yang hendak dicapai saat program ini dibentuk.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program, Kelas Unggulan, Mutu
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:33
Last Modified: 11 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item