Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV MIN 4 Sigambal Kabupaten Labuhan Batu

Harahap, Rizkyan (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV MIN 4 Sigambal Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSIRIZKYANOK-digabungkan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitia ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Ipa Pokok Bahasan Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), dan untuk mengetahui respon siswa setelah menerapkan model CTL. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IV Min 4 Sigambal Kabupaten Labuhan Batu yang terdiri dari 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Ipa materi Perubahan Wujud Benda. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata kelas sebesar 56,66 dan jumlah siswa yang yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 7 orang siswa atau sebesar 23,33%. Kemudian pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 66,33 dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria tuntas adalah 15 siswa atau sebesar 50%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85,33 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 28 siswa atau sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ipa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:28
Last Modified: 30 Jun 2022 02:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item View Item