Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menabung pada tabungan mudharabah di bank Muamalat cabang Balai Kota

Munthe, Safaruddin (2014) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menabung pada tabungan mudharabah di bank Muamalat cabang Balai Kota. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Saparuddin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank Muamalat adalah bank umum pertama di Indonesia yang menerakan prinsip syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya. Didirikan pada tahun 1991, yang diprakarsai oleh MUI dan Pemerintah Indonesia, dan mulai beroperasi pada tahun 1992 yang didukung oleh cendikiawan muslim dan pengusaha serta masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Bagi Hasil, Pelayanan, Religi dan Pendapatan terhadap Minat Menabung. Populasi dari penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil kuesioner nasabah tabungan muamalat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu data yang diukur berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada nasabah tabungan muamalat yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah yang bersumber dari Bank Muamalat, jadi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.Variabeldalam penelitian ini terdiri dari Bagi Hasil (X1) Pelayanan (X2), Religi (X3), dan Pendapatan (X4), Untuk mempermudah melakukan perhitungan penelitian ini menggunakan SPSS Versi 17 yang kemudian hasil dari SPSS tersebut di Interprestasikan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: secara simultan variabel bebas yaitu Bagi hasil, pelayanan, religi dan pendaparan mempengaruhi minat menabung di Bank Muamalat sebesar 58,2 %, sedangkan 41,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak digunakan dalam model penelitian ini dan secara statistik menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (32,753 > 2,30) dan untuk mendapatkan pengaruh yang positif dan signifikan maka variabel bebas (bagi hasil, Pelayanan, religi dan pendapatan) lebih kecil dari 0,05 sehingga secara bersamaan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas yaitu (bagi hasil, Pelayanan, religi dan pendapatan) terhadap variabel terikat yaitu preferensi nasabah bank Muamalat karena tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau hipótesis Ha di terima. Secara parsial akan di gambarkan pengaruh antar variabel independen terhadap variabel dependent sebagai berikut : Koefisien regresi bagi hasil sebesar 4,354 ini menunjukkan bahwa variabel berpengaruh signifikan. Artinya jika setiap peningkatan pendapatan sebesar 1%, maka kecendrungan untuk melakukan transaksi tabungan di bank Muamalat akan meningkat sebesar 4,354% dan nilai thitung > ttabel (4,354 > 1,698) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bagi Hasil terhadap Minat menabung di Bank Muamalat, hal ini sejalan dengan penelitian yaitu Pendapatan Bank Muamalat memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah Bank Muamalat di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan. Artinya semakin tinggi tingkat pendapatan nasabah yang mencerminkan makin banyak juga harta yang dimiliki sehingga semakin maraknya kegiatan tabungan ke Bank Muamalat

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 24 Mar 2017 00:54
Last Modified: 24 Mar 2017 00:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item