Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MTs Darul Hikmah TPI Medan

Harefa, M. Zainul Fuad and Hadijaya, Yusuf and Chaniago, Nasrul Syakur (2022) Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 2 (1). ISSN 2775-2364

[img] Text
ISLAMI (M. ZAINUL FUAD HAREFA).pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Perencanaan manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran. (2) Pengorganisasian manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran. (3) pengawasan manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran. (4) Evaluasi manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di. (5) Mutu pendidikan manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di. (6) faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang telah didapat dilapangan. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, dan guru. teknik pengumpulan data yang digunakan, dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan lima temuan yaitu: (1) Perencanaan tenaga pendidik yaitu mengidentifikasi atau menganalisis terlebih dahulu bentuk pekerjaan, tugas, dan jabatan yang sangat urgent dibutuhkan. (2) Proses pengorganisasian tenaga pendidik yaitu kepala sekolah melakukan pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab. (3) pengawasan tenaga pendidik kepala sekolah mengawasi guru setiap bulannya dan membuat data kehadiran guru.(4) Mengavaluasi tenaga pendidik biasanya setiap semester sekali atau empat bulan sekali dalam mengevaluasi kinerja tenaga pendidik. (5) Pelaksanaan rencana tenaga pendidik dilaksanakan sesuai rencana yang disusun, kepala sekolah memberi arahan dan motivai kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas kerja. (6) faktor penghambat manajemen tenaga pendidik adalah kurangnya minat guru dalam mengikuti pelatihan, kurang disiplin dalam menjalankan tugas, dan minimnya pengadaan guru disekolah. Faktor pendukung adalah memiliki tenaga pendidik strata I, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai serta saling kerja sama dalam meningkatlan mutu pendidikan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 May 2022 15:59
Last Modified: 29 May 2022 15:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14120

Actions (login required)

View Item View Item