Pelaksanaan pendidikan agama Islam untuk anak usidini di Raudatul Athfal Al-Jawahir

Harahap, Ikmal Mulia (2013) Pelaksanaan pendidikan agama Islam untuk anak usidini di Raudatul Athfal Al-Jawahir. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis ikmal.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penganalisaan terhadap Pendidikan Agama Islam untuk anak usia dini di Raudhatul Athfal Al-Jawahir, dilihat dari aspek tujuan, materi, metode, maupun evaluasi pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Raudhatul Athfal Al-Jawahir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Peneliti menggunakan teknik analisa dengan langkah-langkah penyajian data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Tehnik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan Pendidikan Agama Islam untuk anak usia dini di Raudhatul Athfal Al-Jawahir bertujuan membentuk anak didik yang memiliki karakter, watak, dan kepribadian dengan berlandaskan iman dan ketakwaan kepada Allah swt. Materi Pendidikan Agama Islam di Raudhatul Athafal Al-jawahir adalah materi terpadu atau terintegrasi yaitu menyajikan materi-materi umum namun di dalamnya terdapat nilai-nilai dan materi-materi Pendidikan Agama Islam berdasarkan topik-topik yaitu aku, panca indra, keluargaku, rumah, sekolah, makanan dan minuman, pakaian, kesehatan, kebersihan dan keamanan, binatang dan tumbuhan. Keseluruhan materi ini dikembangkan menjadi bidang aqidah, doa harian, surah-surah pendek, sirah, hadis, praktek ibadah salat, dan Iqra. Metode metode bercerita, bercakap-cakap, sosiodrama, demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas adalah metode-metode umum yang di gunakan dalam pembelajaran dan dalam materi khusus digunakan metode karyawisata dan eksperimen. Evaluasi yang dilakukan di Raudhatul Athfal Al-Jawahir adalah dengan pengamatan, tertulis dan tidak tertulis namun tidak memaksakan anak untuk menguasai 100 % materi. Model evaluasi bintang satu bermakna belum muncul, bintang dua bermakna mulai muncul, bintang tiga bermakna berkembang sesuai harapan dan bintang empat bermakna berkembang sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 22 Mar 2017 02:43
Last Modified: 22 Mar 2017 06:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item