Pengembangan Media Komik Tematik Islami Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIS Islamiyah Sunggal

Fadillah, Nurul (2020) Pengembangan Media Komik Tematik Islami Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIS Islamiyah Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NURUL FADILLAH 0306161013.pdf

Download (9MB)

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari peran media pembelajaran. Salah satunya media komik. Komik awalnya hanya berfungsi sebagai bacaan hiburan, namun seiring perkembangan zaman komik dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Penggunaan komik dinilai cocok dengan usia siswa sekolah dasar yang masih berfikir konkret melalui visual yang terdapat dalam komik. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran yang bertujuan untuk (1) Mengembangkan Komik Tematik Islami sebagai media pembelajaran kelas IV, (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan oleh peneliti, (3) Mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menggunakan Komik Tematik Islami yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian R & D. Desain penelitian ini yaitu desain Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Hasil penelitian terhadap produk Komik Tematik Islami berdasarkan nilai yang diberikan oleh validator ahli meliputi ahli desain, materi, bahasa, dan pembelajaran dinyatakan valid memperoleh nilai 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Komik Tematik Islami dinyatakan praktis, hal ini diperoleh dari kuesioner yang diisi 21 responden setelah menggunakan Komik Tematik Islami memperoleh nilai 77,60% dengan kategori “Sangat Layak”. Komik Tematik Islami untuk meningkatkan hasil belajar dinyatakan efektif, hal ini dilihat dari nilai rata-rata sebelum menggunakan Komik, yaitu 760,00 dan sesudah menggunakan Komik, yaitu 81, 67. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk Komik Tematik Islami untuk meningkatkan hasil belajar siswa dinyatakan valid, praktis, dan efisien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komik Tematik Islami, Valid, Praktis, Efektif, Hasil Belajar.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:46
Last Modified: 25 Apr 2022 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item