Karakter pendidik dalam kitab hadis shahih al-Bukhari

Effendi, Zulham (2016) Karakter pendidik dalam kitab hadis shahih al-Bukhari. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis S2 PAI (ZULHAM EFFENDI).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk meneliti karakter pendidik dalam kitab hadis Sahih al-Bukhari. Penelitian ini perlu dilakukan, mengingat adanya sebagian pendidik pada hari ini, tidak layak dijadikan sebagai teladan yang baik oleh peserta didiknya, karena jauhnya mereka dari nilai dan akhlak islami yang terdapat dalam Alquran dan Hadis yang seharusnya dimiliki oleh pendidik. Di samping itu, banyak pemahaman yang keliru tentang keberadaan tugas dan tanggung jawab pendidik, terutama pendidik dalam pendidikan Islam. Penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka) karena yang dijadikan objek kajian adalah karya literatur berupa kitab hadis, yaitu Sahih al-Bukhari oleh Muhammad ibn Isma‘il al-Bukhari. Oleh karena itu, data-data yang diperlukan ialah data-data tekstual, yaitu hadis-hadis tentang karakter pendidik yang ada dalam kitab hadis Sahih al-Bukhari dengan interpretasi hadis dari ulama hadis. Adapun metode pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan deduktif (deductive approach) dan pendekatan induktif (inductive approach). Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa di dalam kitab hadis Sahih al-Bukhari terdapat dua keutamaan bagi pendidik, yaitu mendapatkan ganjaran pahala dan seorang pendidik adalah manusia yang bermanfaat sebagaimana yang terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Burdah, dari bapaknya yaitu Abu Musa al-Asy’ari. Dan terdapat juga di dalamnya hadis tentang tugas pendidik, yaitu mendidik sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sulaiman Malik ibn al-Huwairi, dan Tazkiyah sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Dan karakter pendidik dalam kitab Sahih al-Bukhari adalah: 1. Ikhlas karena Allah sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh ‘Umar ibn al-Khattab, 2. Takwa sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir, 3. Berilmu sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh ‘Abdullah ibn ‘Amr ibn al-‘As, 4. Konsekuen sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Usamah ibn Zaid ibn al-Hariśah, 5. Lemah lembut dan kasih sayang sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas ibn Malik, 6. Memperhatikan keadaan peserta didik sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Wail dari ‘Abdullah ibn Mas‘ud, 7. Jujur dalam perkataan dan perbuatan sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, 8. Sabar sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas ibn Malik, 9. Tawadu‘ sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas ibn Malik, 10. Adil sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir, 11. Bertanggung jawab sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh ‘Abdullah ibn ‘Umar.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X2 HADIS DAN ILMU TERKAIT > 2X2.3 Kumpulan hadist menurut bidang tertentu > 2X2.37 > 2X2.373 Hadist mengenai pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:31
Last Modified: 15 Mar 2017 07:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item