Implementasi pembinaan akhlakul karimah siswa pada pesantren Darul Mukhlisin Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah

Tono, Tono (2016) Implementasi pembinaan akhlakul karimah siswa pada pesantren Darul Mukhlisin Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Tono.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembinaan akhlakul karimah siswa dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, dan hidden kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Cempedak Lobang Sei Rampah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mendeskripsikan implementasikan pembinaan akhlakul karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Cempedak Lobang Sei Rampah. Dalam pelaksanaan penelitian penulis mengambil data dari dokumen, observasi dan wawancara langsung dengan nara sumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi pembinaan akhlakul karimah siswa dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler,kokurikuler dan hidden kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Cempedak Lobang Sei Rampah juga telah berjalan dengan sempurna. Tingkat keberhasilan implementasi pembinaan akhlakul karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Cempedak Lobang Sei Rampah melalui kegiatan intrakurikuler ekstrakurikuler, kokurikuler dan hidden kurikuler cukup memuaskan sekitar 89%, hal tersebut diketahui berdasarkan data dari kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah. Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Cempedak Lobang Sei Rampah, dan dapat dilihat dari aktivitas dan perilaku para siswa-siswinya dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan Pondok Pesantren. Hambatan yang dialami pada saat pembinaan akhlakul karimah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Cempedak Lobang Sei Rampah diantaranya adalah pertama, Pengaruh lingkungan pergaulan anak khususnya lingkungan pergaulan di luar madrasah yang kurang kondusif bagi pembinaan perilaku siswa, kedua, urangpedulinya sebagian orang tua dalam membina dan mengembangkan pengajaran akhlak siswa di rumah. ketiga, Rendahnya minat belajar pengajaran akhlak pada sebagian siswa, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah siswa selalu diberikan pengertian dan nasehat, dan guru selalu berusaha memberikan sugesti kepada siswa agar mereka dapat meningkatkan minat dan motivasi belajarnya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:17
Last Modified: 15 Mar 2017 04:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item