Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar IPA kelas V MIN Sei Agul Kota Medan

Hasana, Nur Raudha (2018) Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar IPA kelas V MIN Sei Agul Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI benar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)penggunaan model pembelajaran discovery pada mata pelajaran IPA, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, 3) pengaruh yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas V-A dan kelas V-B di MIN Sei Agul. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas V-A sebagai kelas eksperimen (dengan model pembelajaran discovery) dan kelas V-B sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran Konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) penggunaan model pembelajaran discovery di kelas V MIN Sei Agul Kota Medan yaitu pada kelas eksperimen (VA) mempunyai hasil post test yang lebih tinggi dari pada penggunaan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (VB) dan hasil belajar IPA di kelas eksperimen (VA) dengan menggunakan model pembelajaran discovery lebih meningkat dari kelas kontrol (VB) dengan penggunaan model pembelajaran konvensional, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN Sei Agul Kota Medan pada kelas eksperimen (VA) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran discovery termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata post test = 82,00 dan hasil belajar siswa kelas kelas kontrol (VB) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPA termasuk dalam ketegori cukup dengan nilai rata-rata post test = 71,71. 3) berdasarkan hasil uji t, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MIN Sei Agul Medan. Hal ini dapat dibuktikan dari tes akhir thitung > ttabel yaitu 3,111 > 1,994 (n = 35) dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN Sei Agul Kota Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Discovery , Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:44
Last Modified: 27 Apr 2022 05:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item