Peran Keluarga Dalam Membentuk Konsep Diri Remaja Disabilitas Berprestasi (Studi Kasus Keluarga Bapak Yudi Bastoro)

Juliastuti, Cindy Dwi (2021) Peran Keluarga Dalam Membentuk Konsep Diri Remaja Disabilitas Berprestasi (Studi Kasus Keluarga Bapak Yudi Bastoro). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FIX SKRIPSI CINDY DWI JULIASTUTI (0102173161).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dalam membentuk konsep diri pada remaja disabilitas berprestasi, upaya-upaya yang dilakukan dalam membentuk konsep diri remaja disabilitas berprestasi dan hambatan-hambatan dalam membentuk konsep diri pada remaja disabilitas berprestasi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Baru Dusun IV Kecamatan Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian ini adalah studi kasus dengan cara menetapkan lokasi dan waktu penelitian, jenis penelitian, informan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, serta analisis data. Hasil penelitian ini ialah sebagai berikut : (1). Peran orangtua dalam membentuk konsep diri positif merupakan hal yang sangat besar dalam perkembangan kehidupan anak dengan penerimaan orangtua terhadap kondisi mereka, memberikan bimbingan, arahan, dorongan, penanaman rasa percaya diri serta kehidupan sosial dan motivasi kepada anak-anak terlebih bagi mereka yang terlahir dengan keterbatasan fisik (Disabilitas tunadaksa). (2). Adapun upaya-upaya yang dilakukan keluarga dalam membentuk konsep diri pada remaja disabilitas ialah sebagai berikut : Memberikan perhatian dan kasih sayang dalam keluarga, Memupuk minat dan bakat, Menumbuhkan harapan,Memberikan kesempatan anak berbaur dalam masyarakat. Serta pendampingan orangtua. (3). Hambatan-hambatan yang dialami keluarga dalam membentuk konsep diri pada remaja disabilitas agar mampu berprestasi yaitu faktor Interanal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri remaja seperti timbul rasa tidak percaya diri, rendah diri, putus asa dan minder. Dan faktor eksternal yaitu faktor diluar dari keluarga dan remaja disabilitas yaitu lingkungan masyarakat yang memberikan perlakuan yang tidak baik terhadap remaja penyandang disabilitas tunadaksa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Feb 2022 09:09
Last Modified: 15 Feb 2022 09:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13717

Actions (login required)

View Item View Item