Siregar, Isropil (2016) Penerapan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an di kelas v Sdit alif Medan Polonia. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
tesis Isropil.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al Qur’an melalui penerapan media audiovisual. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa sebelum diterapkan media audiovisual pada mata pelajaran al Qur’an, 2) mengetahui penerapan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al Qur’an, 3) mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan setelah menerapkan media audiovisual pada mata pelajaran al Qur’an. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas V SDIT Alif Medan Polonia yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus 1 x pertemuan dengan 2 x 35 menit. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Penelitian pra tindakan, dari hasil observasi pra tindakan masih rendah motivasi dan hasil belajar siswa. Dari 28 siswa ada 25% siswa yang kurang baik motivasi belajarnya, dan 41% cukup baik, 20% baik dan hanya 14% peserta didik yang baik sekali motivasi belajarnya. Sedangkan hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan ≥ 70 sebanyak 20 siswa (71%), dengan nilai rata-rata 60, yang mencapai ketuntasan ≥ 70 hanya 8 siswa (28%), dengan nilai rata-rata 75. (2) Pada siklus I dapat dilihat dari hasil pengamatan yang telah diberikan, bahwa dari 28 siswa ada 21% siswa yang kurang baik motivasi belajarnya, kemudian 22% cukup baik dan ada 32% baik, dan 25% baik sekali. Kemudian untuk hasil belajar peserta didik siklus 1, berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari 28 peserta didik, 18 siswa (64%) yang mendapat nilai ketuntasan ≥ 70, sedangkan 10 siswa (35%) mendapatkan nilai ≤ 70. (3) Pada siklus II ini, dari 28 siswa ada 13% siswa yang kurang baik motivasi belajarnya, kemudian 16% cukup baik dan ada 32% baik dan 39% baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II, bahwa dari 28 siswa, sebanyak 25 siswa (89%) yang mendapat nilai ketuntasan ≥ 70, dengan nilai ketuntasan rata-rata 85, dan sebanyak 3 siswa (11%) yang mendapatkan nilai ketuntasan ≤ 70 dengan nilai rata-rata 67. Dengan demikian, pelaksanaan penelitian penerapan media audiovisual pada mata pelajaran al-Qur’an di kelas V SDIT Alif menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal hanya dengan 2 siklus, jadi penelitian ini tidak perlu dilanjutkan ke siklus III.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 04:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 08:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1371 |
Actions (login required)
View Item |