Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Swasta Yayasan Madrasah Pendidikan Islam Sei Tualang Raso Tanjungbalai

Panjaitan, Elbiana (2022) Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Swasta Yayasan Madrasah Pendidikan Islam Sei Tualang Raso Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS ELBIANA PANJAITAN 2022,.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan profesionalisme guru, strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru, serta efektifitas strategi manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAS YMPI ST. Raso Tanjung Balai. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif lapangan melalui pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1. Adapun Perkembangan Kemampuan prefesionalisme guru di MAS YMPI ST. Raso Tanjung Balai. Ini dapat dilihat dari 31 jumlah guru yang tingkat pendidikannya sarjana (S1) ada 30 orang, dan guru yang tingkat pendidikannya masih diploma ada 1 orang. Bila dipersentasikan sekitar 96,7% guru telah memenuhi standar kompetensi guru. 2. Adapun kebijakan kepala sekolah terhadap peningkatan kemampuan profesionalisme guru di MAS YMPI ST. Raso Tanjung Balai dari segi makro tergolong cukup baik. Ini dapat dilihat dari dokumen yang dibuat oleh guru berupa program tahunan, program semester, silabus dan RPP. 3. Kebijakan kepala madrasah dari segi mikro tergolong baik. Ini dapat dilihat dari kebijakan yang ditetapkan kepala sekolah yaitu: Menyarankan kepada guru untuk megikuti seminar pendidikan, mengadakan diskusi, musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), rapat guru, studi kelompok antar guru, menggunakan laptop/media saat melakukan proses pembelajaran serta mengadakan evaluasi hasil belajar siswa pada pertengahan semester. Berkenaan dengan keefektifan kebijakan kepala madrasah menurut peneliti sudah dapat dikatakan berhasil namun masih perlu di tingkatkan lagi kedepannya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen, Profesionalisme Guru
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2022 05:13
Last Modified: 14 Feb 2022 05:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13693

Actions (login required)

View Item View Item