Kepemimpinan Kepala Madrasah untuk meningkatkan kedisiplinan guru di Mts Negeri Hamparan Perak

Dihati, Gita Prima (2016) Kepemimpinan Kepala Madrasah untuk meningkatkan kedisiplinan guru di Mts Negeri Hamparan Perak. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis gita prima dihati.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Negeri Hamparan Perak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepala madrasah dalam mengkomunikasikan visi dan misi, keteladanan, pemberian hukuman dan penghargaan, dan komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan guru untuk meningkatkan kedisiplinan guru di MTs Negeri Hamparan Perak. Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (empiris) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah, kepala dan staf tata usaha, dan guru-guru. Sedangkan buku arsip, laporan kegiatan, dan dokumen pelaksanaan manajemen merupakan data sekunder. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objektif MTs Negeri Hamparan Perak. Sedangkan temuan khususnya, yaitu: (1) Perilaku kepala madrasah dalam mengkomunikasikan visi dan misi untuk meningkatkan kedisiplinan guru di MTs Negeri Hamparan Perak dikomunikasikan secara tulisan maupun lisan yang selalu dikomunikasikan dalam setiap pertemuan dan rapat madrasah dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen dan berperan sebagai motivator. (2) Keteladanan yang dicontohkan kepala madrasah untuk meningkatkan kedisiplinan guru di MTs Negeri Hamparan Perak dilakukan dengan memulai dari diri pribadi sendiri bagi kepala madrasah yang bertujuan untuk menjadi contoh dan teladan bagi para guru sehingga memudahkan untuk memimpin para guru yang menyangkut tentang peningkatan kedisiplinan mereka. (3) Dalam proses pemberian hukuman dan penghargaan kepala MTs Negeri Hamparan Perak melakukannya menggunakan tipe kepimimpinan demokratis yang disertai dengan sikap tegas. Pemberian hukuman dilakukan bertahap, yaitu dengan teguran, peringatan ringan, dan peringatan keras. Sedangkan bentuk penghargaan yang diberikan Kepala MTs Negeri Hamparan Perak yaitu meteriil dan spirituil. (4) Komunikasi interpersonal kepala madrasah MTs Negeri Hamparan Perak dilakukan secara kekeluargaan dengan mengajak beberapa guru secara berkala ke ruangan kerja kepala madrasah untuk diajak komunikasi tatap muka empat mata membicarakan tentang kepribadian masing-masing pada mulanya dan akhirnya menjurus kepada kedisiplinan kinerja para guru

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:35
Last Modified: 14 Mar 2017 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item