Peran Mediator Pada Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B (Studi Kasus: Dalam Perkara Pembagian Harta Bersama Akibat Perceraian)

Nurhayati, Nurhayati (2021) Peran Mediator Pada Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B (Studi Kasus: Dalam Perkara Pembagian Harta Bersama Akibat Perceraian). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NURHAYATI-0102171017-FDK-BPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mediasi dalam pembagian harta bersama, dan untuk mengetahui peran mediator dalam pembagian harta bersama. Penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian ini adalah studi kasus dengan cara menetapkan lokasi dan waktu penelitian, jenis penelitian, informan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur mediasi sesuai dengan PERMA RI No. Tahun 2008, akan tetapi banyak dari perkara yang masuk di Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B sedikit para pihak yang berhasil dimediasi. Dan tugas mediator dalam mediasi sebagai pihak ketiga yang netral, tidak memihak pada satu pihak, yang tugas dan wewenangnya sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tetapi tetap saja mediator tidak bisa mendamaikan kedua belah pihak tersebut. Secara keseluruhan tugas mediator di Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B sangat dibutuhkan untuk mendamikan kedua belah pihak yang bersengketa, mediator harus mempunyai wawasan yang luas dan skill yang baik. Kasus yang masuk pada pembagian harta bersama pada tahun 2020 sekitar 10 pasangan, sedangkan mediasi yang berhasil hanya 2 pasangan. Hal ini terbukti, tugas mediator dalam mendamaikan pembagian harta bersama di Pengadilan Agama Lubuk Pakam Kelas I B sepenuhnya optimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.33 Putusnya perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:56
Last Modified: 14 Feb 2022 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item