Aplikasi Collaboration Tool Penulisan Dan Penyuntingan Berbasis Web Untuk Peningkatan Mutu Penulisan Karya Ilmiah Dosen Dan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara

Batubara, Abdul Karim and Purwaningtyas, Franindya and Putri, Raissa Amanda (2021) Aplikasi Collaboration Tool Penulisan Dan Penyuntingan Berbasis Web Untuk Peningkatan Mutu Penulisan Karya Ilmiah Dosen Dan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
LAPEN BOPTN 2021.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1. PEER REVIEW PENELITIAN.pdf

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah merancang aplikasi kolaborasi penulisan dan penyuntingan berbasis web yang dapat meningkatkan mutu penulisan karya ilmiah di Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UINSU Medan.. Adapun metedologi yang digunakan dalam penelitian adalah Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian bersifat deskriptif. Pada penelitian ini digambarkan pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen tetap program studi ilmu perpustakaan berjumlah 7 orang, dan mahasiswa program studi ilmu perpustakaan angkatan 2017 yakni berjumlah 93 orang. Sampel Dari rumus Slovin di atas dapat disimpulkan sampel minimal untuk tingkat kesalahan 10% adalah 50 orang. Selanjutnya dilakukan design Perancangan Prototype Interface dan metode evaluasi terkait rancangan aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan Perancangan aplikasi collaboration tools yang dihasilkan dapat mempermudah peneliti baik dosen dan mahasiswa dalam mendapatkan informasi tentang penelitian sesuai dengan bidang ilmunya serta aplikasi aplikasi yang dirancang dapat mendukung penelitian kolaborasi di lingkungan Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Feb 2022 15:57
Last Modified: 16 Aug 2022 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item View Item