Metode Bimbingan Agama Orangtua Asuh Dalam Mencegah Dan Mengatasi Verbal Abuse Anak Di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Ar-Ridho Medan Amplas

Warhamni, Siti (2021) Metode Bimbingan Agama Orangtua Asuh Dalam Mencegah Dan Mengatasi Verbal Abuse Anak Di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Ar-Ridho Medan Amplas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI WARHAMNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) untuk mengetahui metode bimbingan agama, (2) untuk mengetahui program bimbingan agama, (3) untuk mengetahui hambatan dan solusi orangtua asuh di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Ar-Ridho Medan Amplas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dengan mengambil latar Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Ar-Ridho. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan (1) metode bimbingan agama yang dilakukan oleh orangtua asuh dibagi menjadi dua yaitu bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Bimbingan individu didalamnya terdapat wawancara/interview yang dilakukan di ruang kantor. Sedangkan bimbingan kelompok dilakukan di masjid secara bersama-sama. (2) Program bimbingan agama di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Ar-Ridho yaitu membaca al-qur‟an, ceramah, hafalan ayat pendek, shalat wajib dan sunnah serta shalat jenazah. (3) ada beberapa hambatan ketika orangtua asuh melakukan bimbingan agama yaitu minimnya sumber daya manusia dalam memberikan bimbingan agama, anak-anak susah dibanguni ketika pagi hari, setiap bulan Ramadhan akan diadakan kultum, anak-anak merasa sulit untuk menghafal kultum. Solusi dari hambatan tersebut yaitu SDM yang ada sekarang berusaha memberikan ilmu yang terbaik, memberi dengan nasehat dengan lemah lembut secara kelompok dengan begitu anak-anak mudah menyerap pesan yang disampaikan oleh orangtua asuh dan menambahkan beberapa bukubuku ceramah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:48
Last Modified: 27 Jan 2022 06:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13463

Actions (login required)

View Item View Item