Analisis Hukum Perbandingan Alat Bukti dan Proses Pembuktian Antara Hukum Acara Pidana Dengan Qanun No 7 Tahun 2013 Tentang Qanun Hukum Acara Jinayah (Studi Kasus Pengadilan Negeri Medan dan Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh)

Hidayat, Hidayat (2021) Analisis Hukum Perbandingan Alat Bukti dan Proses Pembuktian Antara Hukum Acara Pidana Dengan Qanun No 7 Tahun 2013 Tentang Qanun Hukum Acara Jinayah (Studi Kasus Pengadilan Negeri Medan dan Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Hidayat Jinayah FSH UINSU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang alat bukti dan proses pembuktian yang merupakan sesuatu yang sangat penting didalam proses persidangan, keadilan dan kepastian hukum bermula ketika pemeriksaan alat bukti dipersidangan. Bersalah atau tidaknya seorang pelaku tergantung daripada bukti yang dihadirkan didalam persidangan. Secara teoritis, yuridis bahkan dalam praktiknya terdapat perbedaan yang cukup signifikan yaitu, di dalam qanun hukum acara jinayah jelas secara tertulis alat bukti terdiri dari tujuh komponen sedangkan didalam KUHAP hanya ada lima komponen, dan dari kedua komponen ini pada dasarnya saling melengkapi. Dalam hal praktinya, hukum acara pidana diterapkan di Pengadilan Negeri sedangkan qanun hukum acara jinayah diterapkan di Mahkamah Syar’iyah. Berdasarkan hasil analisis dari wawancara beberapa hakim Mahkamah Syar’iyah di Banda Aceh dan Pengadilan Negeri Medan serta hasil observasi langsung ketika proses persidangan, ketika berpraktik hukum acara memang kedua komponen ini terlihat secara jelas perbedaannya. Hakim Pengadilan Negeri Medan dalam memeriksa alat bukti yang dihadirkan persidangan hanya berdasarkan kepada aturan yang telah ditetapkan oleh undang-undang baik secara formiil maupun materiil. Namun kalau hakim Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh dalam memeriksa alat bukti di persidangan selain mengikuti dari yang telah diatur oleh undang- undang, hakim harus dituntut untuk memeriksa alat bukti berdasarkan dari sumber- sumber Hukum Islam yang dalam hal ini tidak ada dari segi materiil. Penelitian ini menggunakan metode empiris (non doktrinal) yang melakukan riset ke lapangan dan didukung dengan literatur-literatur buku sebagai pelengkap dalam penelitian ini. Serta dalam analisa diharapkan menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 27 Jan 2022 05:38
Last Modified: 27 Jan 2022 05:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13457

Actions (login required)

View Item View Item