Infiltrasi Islam Dalam Pernikahan Berdasarkan Adat Mandailing Di Desa Panyabungan: Studi Analisis Tarik-Menarik Antara Petunjuk Alquran Surah An-Nisa: 23-24 Dengan Adat Budaya Lokal Tentang Larangan Menikah Semarga

Hasibuan, Marisah (2021) Infiltrasi Islam Dalam Pernikahan Berdasarkan Adat Mandailing Di Desa Panyabungan: Studi Analisis Tarik-Menarik Antara Petunjuk Alquran Surah An-Nisa: 23-24 Dengan Adat Budaya Lokal Tentang Larangan Menikah Semarga. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARISSA HASIBUAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pernikahan atau perkawinan adalah bersatunya dua insan yakni laki-laki dan perempuan dalam menjalin suatu ikatan dengan perjanjian atau akad. Permasalahan yang sering terjadi dalam pernikahan atau perkawinan tersebut bertolak belakang dengan adat istiadat khususnya masyarakat Mandailing di Desa Panyabungan yaitu larangan pernikahan semarga. Karena masyarakat mandailing di Desa Panyabungan beranggapan jika menikah dengan orang yang semarga, maka orang itu di anggap seperti saudara kandung (mariboto). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Panyabungan, Sekretaris Desa Panyabungan, Tokoh Adat dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode penelitian yaitu observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek pernikahan di desa Panyabungan ditegah Tarik-menarik antara petunjuk Alquran dengan adat mandailing dalam hal menikah semarga dan Infiltrasi islam dalam pernikahan tentang larangan menikah semarga berdasarkan adat mandailing di Desa Panyabungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pernikahan semarga dalam adat Mandailing di Desa Panyabungan sangat dilarang dan dianggap seperti halnya menikah dengan saudara kandung atau sedarah, namun disebabkan pergeseran zaman dan meningkatnya pengetahuan masyarakat di Desa Penyabunagn ini khususnya dalam mengetahui perkembangan pengetahuan keagamaan sehingga masyarakat desa sudah lebih condong kepada hukum islam dari pada hukum adat yang sejak dulu mereka yakini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Adat, Hukum Islam.
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat tertentu;
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:21
Last Modified: 26 Jan 2022 03:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13414

Actions (login required)

View Item View Item