Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi Meales Rubella (MR) pada balita di Wilayah kerja Puskesmas MU Damanik Kota Tanjungbalai

Wulandari, Desi (2021) Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi Meales Rubella (MR) pada balita di Wilayah kerja Puskesmas MU Damanik Kota Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI WULANDARI-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Imunisasi MR adalah upaya preventif dalam memutuskan transmisi penularan penyakit menular yakni campak dan rubella. Capaian imunisasi MR pada balita di wilayah kerja Puskesmas MU Damanik kota Tanjungbalai tahun 2019 sebesar 28,14%. Angka ini masih jauh dari target SPM yaitu minimal 95%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan pemberian imunisasi MR pada balita di wilayah Kerja Puskemas MU Damanik kota Tanjungbalai tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memilki anak balita di wilayah kerja Puskesmas MU Damanik Kota Tanjungbalai, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak. Analisis data secara Univariat dan Bivariat dengan statistik uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi MR pada balita di wilayah kerja Puskesmas MU Damanik kota Tanjungbalai yaitu pendidikan (p=0,005), pengetahuan (p=0,010), sikap (p=0,000), waktu tempuh (p=0,000), dukungan keluarga (p=0,000), dan dukungan petugas kesehatan (p=0,000). Variabel yang tidak memiliki hubungan dengan pemberian imunisasi MR pada balita adalah pekerjaan (p=0,252). Diharapkan kepada petugas kesehatan Puskesmas MU Damanik dapat meningkatkan capaian imunisasi MR dengan memberikan penyuluhan tentang pentingnya pemberian imunisasi MR pada anak. Bagi responden yang tidak memberikan imunisasi MR pada balitanya diharapkan dapat membawakan anaknya ke posyandu untuk mengikuti imunisasi MR agar kedepannya anak tidak terjangkit penyakit menular seperti campak dan rubella yang disebabkan karena tidak mendapatkan imunisasi tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Imunisasi MR, Balita
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:46
Last Modified: 25 Jan 2022 05:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13391

Actions (login required)

View Item View Item