Upaya Guru BK dalam Pengembangan Spiritualitas Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan

Lubis, Ilma Hartanti (2018) Upaya Guru BK dalam Pengembangan Spiritualitas Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai upaya guru BK dalam Pengembangan Spiritualitas Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan. Kajianya dilatarbelakangi oleh mulai terkikisnya nilai-nilai keimanan dan ketakwaan pada anak usia remaja, ditandai dengan berbagai bentuk kenakalan remaja dan perkelahian antar pelajar termasuk juga seks bebas dikalangan anak usia remaja yang semakin meningkat jumlahnya. Hal ini menunjukkan gejala kurangnya penghayatan terhadap nilai-nilai ketuhanan dan praktik-praktik kehidupan yang tidak didasarkan atas kaidah-kaidah agama. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kegiatan layanan dan pendukung bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan? (2) Bagaimana keadaan spiritualitas siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan? (3) Bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengembangkan spiritualitas siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya guru bimbingan dan konseling dalam pengembangan spiritualitas siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Kajian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan terutama di kelas VIII C sudah dilaksanakan secara efektif dan efisien sesuai visi dan misi sekolah dengan mengacu kepada program semester dan program tahunan yang telah dibuat berdasarkan identifikasi kebutuhan dan permasalahan siswa di Madrasah Tsanawiyah v v Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan. Sikap-sikap spiritual siswa dapat dikembangkan melalui pembiasaan-pembiasaan kegiatan keagamaan di sekolah. Sikap-sikap spiritual siswa yang dikembangkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan, yaitu: siswa dapat mengenal dan merasakan keberadaan Allah, siswa dapat mensyukuri nikmat yang telah dikaruniakan Allah, siswa dapat mengatasi rasa iri dengan positif, dan siswa dapat menanamkan kejujuran dalam kehidupan sehari�hari. Layanan-layanan bimbingan dan konseling yang diberikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Damuli Pekan Aek Kanopan untuk pengembangan spiritualitas siswa kelas VIII C, yaitu: layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya pada pengembangan spiritualitas siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK dalam Pengembangan Spiritualitas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 21 Jan 2022 09:01
Last Modified: 21 Jan 2022 09:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item View Item