Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga)

Norenza, Meilyna Febri (2021) Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
FIX CETAK SKRIPSI MEILYNA FEBRI N S.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Latar belakang permasalahan skripsi ini adalah jumlah nasabah pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi mengalami perkembangan fluktuatif setiap tahunnya, dan selama masa pandemi Covid-19 bank melakukan pembatasan target pasar, dimana Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga hanya melakukan pemasaran kepada nasabah dengan pendapatan tetap (fixed income) untuk menghindari peningkatan pembiayaan bermasalah (NPF). Sementara permintaan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi relatif tinggi, karena masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki rumah. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebelumnya, peneliti harus mengetahui bagaimana kondisi perusahaan, baik dari faktor internal maupun eksternal yang dilakukan perusahaan dalam melakukan pemasaran produk. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil informasi yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Kemudian hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga berada pada kuadran I (growth) yang ditunjukkan pada Diagram Cartesius dengan penerapan strategi Growth Oriented Strategy. Hal ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan, perusahaan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan meminimalkan kelemahan untuk menghadapi tantangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:33
Last Modified: 21 Jan 2022 07:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13320

Actions (login required)

View Item View Item