Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Realisasi Pembiayaan Mikro Syariah Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara

Hasibuan, Devi Ayu Lestari (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Realisasi Pembiayaan Mikro Syariah Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Devi Ayu Lestari Hsb - 0503162175.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada Perbankan Syariah, pembiayaan merupakan fungsi utama dari perbankan syariah, sumber pendapatan perbankan syariah, dan perkembangan suatu bank sangat dipengaruhi oleh kemampuannya menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat. Sebagian Masyarakat masih berpendapat bahwa masih minimnya realisasi pembiayaan yang disalurkan oleh pihak lembaga keuangan kepada masyarakat terutama pada sektor UMKM. Selain itu secara keseluruhan jumlah nasabah pada periode 2015 - 2018 mengalami fluktuatif dan kecenderungan menurun juga menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh karakteristik individu, karakteristik usaha dan karakteristik pembiayaan terhadap realisasi pembiayaan mikro syariah pada UMKM di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner kepada nasabah pembiayaan mikro syariah di PT Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Slovin Sample dengan pengukuran skala likert. Data diproses melalui program spss versi 15.0 dengan teknis analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial karakteristik individu tidak berpengaruh terhadap realisasi pembiayaan. Sedangkan karakteristik usaha secara parsial berpengaruh terhadap realisasi pembiayaan. Dan karakteristik pembiayaan secara parsial berpengaruh terhadap realisasi pembiayaan. Secara simultan karakteristik individu, karakteristik usaha, dan karakteristik pembiayaan berpengaruh terhadap realisasi pembiayaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:43
Last Modified: 20 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item View Item