Pengulangan Akad Nikah Karena Zina Menurut Imam An Nawawi Dan Ibnu Qudammah (Studi Kasus Kab. Labuhan Batu Kecamatan Panai Hulu)

Seftiyana, Linda (2021) Pengulangan Akad Nikah Karena Zina Menurut Imam An Nawawi Dan Ibnu Qudammah (Studi Kasus Kab. Labuhan Batu Kecamatan Panai Hulu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LINDA SEFTIYANA S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pernikahan wanita hamil akibat zina bukanlah merupakan masalah baru. Hal ini sudah terjadi semenjak masa Rasulullah SAW. Karenanya para ulama telah melakukan ijtihad dalam memahami ayat Al-Qur‟an dan hadis untuk menetapkan hukumnya. Dalam Islam terdapat perbedaan pendapat antara Imam An-Nawawi dari ulama fikih mazhab Syafi‟I dengan Ibnu Qudamah, imam dari fikih mazhab Hambali, mengenai hukum pernikahan wanita hamil akibat zina. Menurut Imam An-Nawawi, perkawinan wanita hamil akibat zina adalah sah, baik dengan laki-laki yang menghamilinya maupun dengan laki-laki yang bukan menghamilinya. Menurut Ibnu Qudamah, perkawinan wanita hamil akibat zina tidak sah, karena wanita hamil itu sedang dalam „iddah sampai lahir kandungannya. Pendapat yang rojih diantara kedua pendapat itu adalah pendapat Imam An-Nawawi. Berkembang kebiasaan di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Panai Hulu , Kabupaten Labuhan Batu, melaksanakan pernikahan wanita hamil akibat zina. Kebiasaan tersebut kemungkinan karena masyarakat Kecamatan Percut Sei Tuan pada umumnya pengikut Fikih Mazhab Syafi‟i. Karenanya kami berinisiatif melakukan penelitian untuk menelah kebiasaan tersebut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian yang akan digunakan adalah kajian pustaka (library research), yaitu studi kepustakaan dan berbagai referensi yang relevan dengan pokok bahasan mengenai analisis hukum islam dan hukum positif terhadap Pengulangan Akad karena zina dan metode penelitian sosiologi normative atau data yang diperoleh melalui bahan kepustakaan dan juga fakta – fakta empiris yang di ambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat melalui wawancara maupun perilaku nyata melalui pengamatan langsung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:46
Last Modified: 19 Jan 2022 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

View Item View Item