Strategi Pembimbing Tarekat Bagi Lanjut Usia Di Pesantren Nurul Yakin Desa Rerebe Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues

Rahyu, Rahyu (2021) Strategi Pembimbing Tarekat Bagi Lanjut Usia Di Pesantren Nurul Yakin Desa Rerebe Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi RAHYU (0102171040) asliii-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembimbing tarekat bagi lanjut usia di Pesantren Nurul Yakin Desa Rerebe. Untuk mengetahui tujuan dan fungsi tarekat bagi lanjut usia dan untuk mengetahui bentuk – bentuk strategi apa yang diberikan seorang guru Mursyid dalam tarekat kepada jamaahnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memandang suatu peristiwa yang lampau, untuk memperoleh data yang dibutuhkan maka penulis menggunakan metode kepustakaan dan metode lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, (1) Tujuan utama tarekat bagi lanjut usia adalah untuk membina dan mengarahkan lanjut usia agar bisa merasakan hakikat Tuhannya dalam kehidupan sehari - hari melalui perjalanan ibadah yang terarah dan sempurna. (2) Bentuk strategi yang diberikan seorang pembimbing (guru Mursyid) dalam tarekat kepada lanjut usia ialah tahap pengantaran merupakan tahap pertama dalam melakukan hubungan pembimbing tarekat dengan lansia, Kedua tahap penjajakan merupakan proses mendalami mencari faktor penyebab, akar permasalahan lansia, Ketiga tahap penafsiran dalam tahapan ini pembimbing tarekat menyimpulkan masalah yang dialami oleh lansia, Keempat adalah tahap pembinaan merupakan tahap pemberiaan solusi atau penyelesaian masalah lansia, Tahapan yang terakhir adalah tahap penilaian merupakan tahap yang menjadi standar acuan keberhasilan dari proses pembimbing tarekat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Tarekat, Pesantren.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:49
Last Modified: 18 Jan 2022 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item