“Pengaruh Metode Membaca Cepat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Informasi Di Kelas V Min Tanjung Harap Desa Tanjung Harap Kec.Serba Jadi Kab.Serdang Bedagai T.A 2017/2018”

Kiswatullah, Anis (2018) “Pengaruh Metode Membaca Cepat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Informasi Di Kelas V Min Tanjung Harap Desa Tanjung Harap Kec.Serba Jadi Kab.Serdang Bedagai T.A 2017/2018”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ANIS SKRIPSI GOOD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca cepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN Tanjung Harap desa tanjung harap kec.serba jadi kab.serdang bedagai pada bulan april 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian kelas V-A (kelas kontrol) sebanyak 23 siswa dan kelas V-B (kelas eksperimen) sebanayak 23 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pilihan berganda dan lembar wacana. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 20 For Windows. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. perbedaan nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 80,43 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 74,78. Hal ini juga telah dibuktikan melalui pengujian hipotesisi (uji-t) dengan menggunanakan bantuan software SPSS 20 for windows. Postest hasil belajar siswa berada pada taraf signifikansi 0,22 > 0,05 dan Thitung 2,373 > Ttabel 2,080 maka hipotesis H₀ ditolak dan H₁ diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara postest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode membaca cepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:46
Last Modified: 10 Jan 2022 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item