Implementasi Mediasi Melalui Peradilan Agama Islam Dalam Penyelesaian Sengketa Rumah Tangga Berpoligami (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Islam Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu Raya Tahun 2018-2021)

Siregar, Fikri Bayu (2021) Implementasi Mediasi Melalui Peradilan Agama Islam Dalam Penyelesaian Sengketa Rumah Tangga Berpoligami (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Islam Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu Raya Tahun 2018-2021). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS_Fikri Bayu Siregar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi konseli melalui peradilan agama Islam dalam penyelesaian sengketa rumah tangga berpoligami (studi kasus di pengadilan agama Islam Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Raya tahun 2018-2021), terutama tentang bagaimana perencanaannya, bagaimana langkah-langkahnya, apa faktor penghambat dan pendukungnya, serta mengapa perlunya konseli di pengadilan agama Rantauprapat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertempat di pusat pengadilan agama Rantauprapat. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Informan penelitian di sini adalah Ketua pengadilan agama, hakim, mediator, KUA dan tokoh masyarakat Labuhanbatu. Penelitian ini dimulai dari studi awal bulan Maret s/d Agustus 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan konseli di Pengadilan agama Kabupaten Labuhan Batu dalam menekan angka sengketa poligami dilaksanakan dalam dua perencanaan, yakni berbasis pada budaya layanan dan berbasis pada budaya transformatif. 2) Langkah-langkah konseli di Pengadilan agama Kabupaten Labuhan Batu dalam menekan angka sengketa poligami dilaksanakan dalam dua langkah, yakni Langkah Edukasi dan Langkah Konsultatif. 3) Faktor penghambat dan pendukung. faktor pendukungnya karena adanya sarana dan prasarana, adanya alat atau instrumental yang digunakan, adanya materi pemahaman tentang pentingnya keluarga sakinah serta adanya evaluasi pelaksanaan teknis. Sedangkan dari faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dari sebagian masyarakat akan ikut program keluarga sakinah, kurang optimalnya pemberdayaan, kurang optimalnya dukungan dari Pas Foto “JUDUL TESIS” IMPLEMENTASi KONSELI MELALUI PERADILAN AGAMA ISLAM DALAM PENYELESAIAN SENGKETA RUMAH TANGGA BERPOLIGAMI (Studi kasus di pengadilan agama Islam Rantau Prapat Kabupaten Labuhan Batu Raya tahun 2018-2021) ii P3K, Belum optimalnya penyediaan konstruktif kegiatan pengembangan keluarga sakinah melalui festival keluarga sakinah, 4) Perlunya konseli di Pengadilan agama Kabupaten Labuhan Batu dalam menekan angka sengketa poligami, dilatar belakangi oleh dua faktor, yakni Adanya desakan dari komunitas dan Adanya desakan dari organisasi keislaman

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:50
Last Modified: 07 Jan 2022 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12906

Actions (login required)

View Item View Item