Implementasi Sound Level Meter (Slm) Dan Perbandingan Kualitas Smartphone Sebagai Alat Ukur Parameter Akustik Di Ruang Masjid Al-Hidayah Kecamatan Medan Perjuangan

Ramadhan, Doli (2020) Implementasi Sound Level Meter (Slm) Dan Perbandingan Kualitas Smartphone Sebagai Alat Ukur Parameter Akustik Di Ruang Masjid Al-Hidayah Kecamatan Medan Perjuangan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Doli Ramadhan Maret 2021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengukuran akustik dilakukan untuk mengetahui parameter kenyamanan akustik di dalam ruangan. Pengukuran tersebut menggunakan perangkat sound sensor dan aplikasi pengukuran Sound Pressure Level (SPL) dari smartphone, diketahui setiap perangkat memiliki sensitivitas pengukuran yang berbeda. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sensitivitas sound sensor dari beberapa merk smartphone dan di antaranya yang paling direkomendasikan dalam mengukur SPL, mengetahui akurasi pengukuran persebaran SPL di dalam ruangan dengan menggunakan smartphone, mengetahui tingkat kenyamanan akustik berdasarkan persebaran SPL dan waktu dengung akustik (RT) di Ruang Masjid Al-Hidayah Kecamatan Medan Perjuangan. Penelitian sensitivitas pengukuran SPL menggunakan 5 perangkat smartphone dan 1 perangkat SLM diketahui bahwa smartphone dengan sistem operasi iOS memiliki sensitivitas pengukuran SPL yang paling baik serta % error pengukuran persebaran SPL di ruang masjid tersebut yaitu 0,252 %. Pengukuran parameter kenyamanan akustik dilakukan berdasarkan persebaran SPL menggunakan 1 perangkat SLM dan smartphone yang direkomendasikan serta pengukuran RT menggunakan metode Sabine dan menggunakan perangkat SLM. Diketahui bahwa suatu titik pengukuran SPL di Ruang Masjid tersebut pada umumnya memiliki nilai selisih yang tidak lebih dari 6 dB dengan titik pengukuran terdekat. Selisih nilai pengukuran antar titik yang tinggi dan akurasi pengukuran perangkat dipengaruhi jarak atau jangkauan sumber suara dan sifat material terhadap suara di dekat titik pengukuran. Masjid tersebut juga memiliki nilai RT menggunakan metode Sabine yaitu 1,72 sekon dan menggunakan SLM yaitu 1,6 sekon yang artinya belum memenuhi parameter kenyamanan akustik berdasarkan RT di ruang beribadah dan percakapan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:50
Last Modified: 07 Jan 2022 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12890

Actions (login required)

View Item View Item