Pengaruh Penerapan Good School Governance Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus SD Yayasan Pendidikan Nurhasanah Medan)

Arifah, Shanaya (2021) Pengaruh Penerapan Good School Governance Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus SD Yayasan Pendidikan Nurhasanah Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHANAYA ARIFAH (0502173450).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Efektivitas merupakan suatu tingkat keberhasilan yang dihasilkan oleh seseorang atau organisasi dengan cara tertentu sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh partisipasi, transparansi dan akuntabilitas terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada sekolah dasar Yayasan Pendidikan Nurhasanah Kota Medan. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dengan teknik sampel jenuh. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dimana partisipasi, transparansi dan akuntabilitas sebagai variabel independen dan efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, partisipasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Kedua, menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Ketiga, menunjukkan bahwa akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Keempat, menunjukkan bahwa partisipasi, transparansi dan akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah secara simultan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:43
Last Modified: 07 Jan 2022 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12849

Actions (login required)

View Item View Item