Metode Bimbingan Agama Orang Tua Nelayan Dalam Memotivasi Anak Melanjutkan Pendidikan Tinggi Di Pesisir Pantai Desa Perlis Kec. Berandan Barat

Hasibuan, Mayang Humaira (2021) Metode Bimbingan Agama Orang Tua Nelayan Dalam Memotivasi Anak Melanjutkan Pendidikan Tinggi Di Pesisir Pantai Desa Perlis Kec. Berandan Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-MAYANG HUMAIRA HASIBUAN-0102171008-FDK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bimbingan agama orang tua nelayan dalam memotivasi anak melanjutkan pendidikan tinggi, apa saja hambatan yang di alami dan mengetahui bagaimana respon anak dengan metode bimbingan yang diberikan orang tua dalam memotivasi anak di pesisir pantai desa perlis kecamatan berandan barat. penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian maupun catatan dari sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian ini, metode bimbingan agama orang tua nelayan dalam memotivasi anak melanjutkan pendidikan tinggi di Desa Perlis Kecamatan Berandan Barat menggunakan metode nasehat dan diskusi. Hambatan orang tua nelayan dalam memberikan memotivasi melanjutkan pendidikan tinggi di Desa Perlis Kecamatan Berandan Barat yaitu terdapat hambatan dari luar dan dari dalam. Hambatan dari luar ada faktor agama yaitu kurangnya materi yang ingin di sampaikan kepada anak, ada faktor psikologi yang menjadi jadi penghambat yaitu seorang anak yang sudah memiliki pemikiran sendiri dan dapat membantah jika anak tersebut merasakan apa yang menurut orang tua tidak ia sukai yang terakhir faktor dari luar yaitu ekonomi sulitnya mencari uang di daerah tersebut membuat orang tua yang ingin menguliahkan anaknya bekerja lebih keras. Respon anak dengan metode bimbingan yang diberikan orang tua mereka merasakan kenyaman dalam bimbingan agama yang diberikan orang tua lalu merasakan dampak yang positif di perjalanan meraih cita-cita terutama dalam semangat belajar sehingga terus mencari tau tentang informasi beasiswa dan dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungan mereka berada.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bimbingan agama dan motivasi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jan 2022 08:42
Last Modified: 04 Jan 2022 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item