Zikra, Quina Syalsa and Mesiono, Mesiono and Darmansah, Tengku (2021) Hubungan Manajemen Peserta Didik Secara Daring Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Batang Kuis. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (4). ISSN 2775-2380
|
Text
FADILLAH 4 (Quina Syalsa Zikra).pdf Download (472kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat Kecederungan Manajemen Peserta Didik secara Daring, 2) Tingkat kecenderungan motivasi belajar siswa 3) Hubungan yang signifikan antara Manajemen Peserta Didik secara daring dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri Batang Kuis. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuisisoner. Populasi yang terdapat dipenelitian ini berjumlah 288 siswa dengan sampel 47 siswa. Adapun instrument pengumpulan data adalah angket. Pengambilan Sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini mengungkapkan tingkat kecenderungan Manajemen Peserta Didik secara daring berada di tingkat sedang yaitu (49%) dari jumlah sampel 47 siswa. Sedangkan tingkat kecederungan motivasi belajar siswa berada di tingkat kurang (53%) dari jumlah sampel 47 siswa. Manajemen peserta didik secara daring terdapat hubungan positif dan signifikansi dengan motivasi belajar siswa dimana besaran koefesien korelasi yaitu 0,531. Melalui uji t terdapat hasil uji thitung=4,206 sedangkan ttabel=1,679. Oleh karena itu thitung> ttabel yang dimana terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel manajemen peserta didik secara daring (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) dengan berdistribusi normal dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ŷ = 30,038 + 0,695 X persamaan ini membawa jika variabel manajemen peserta didik secara daring (X) meningkat maka variabel motivasi belajar siswa juga.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 04:55 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 04:55 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12746 |
Actions (login required)
View Item |