Implementasi Pengembangan Kurikulum Untuk Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Masa Pandemi Di MTs PAB-1 Helvetia Medan

Nurdayanti, Mery (2021) Implementasi Pengembangan Kurikulum Untuk Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Masa Pandemi Di MTs PAB-1 Helvetia Medan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (3). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 3 (Mery Nurdayanti).pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum, bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kompetensi siswa di MTs PAB-1 Helvetia Medan (2) Pengembangan kurikulum di MTs PAB-1 Helvetia Medan (3) Sistem pembelajaran yang digunakan oleh para guru sebagai implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi siswa pada saat daring (dalam jaringan) di MTs PAB-1 Helvetia Medan (4) Sistem pembelajaran yang digunakan oleh para guru sebagai implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi siswa pada saat Luar Jaringan (Luring) di MTs PAB-1 Helvetia Medan (5) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran masa pandemi di MTs PAB-1 Helvetia Medan (6) Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah agar implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran masa pandemi di MTs PAB-1 Helvetia Medan dapat berjalan efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah Madrasah, Wakil Kepla Madrasah, Tata Usaha, dan Guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Kompetensi siswa di MTs PAb-1 Helvetia Medan hanya diukur melalui siswa yang sudah lulus dan diterima di sekolah agama Negeri atau swasta unggulan (2) Pengembangan kurikulum yang di lakukan Kepala sekolah yaitu menjadi manajerial yang berfungsi salah satunya mengontrol semua akses kegiatan, segala aktivitas kegiatan yang dilaksanakan oleh Madrasah di masa Covid-19 termasuk pada masa proses pembelajaran ataupun Kegiaatan Belajar Mengajar (3) Sistem pembelajaran yang digunakan oleh para guru sebagai implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi pada pembelajaran masa pandemi di MTs PAB-1 Helvetia Medan pencapaian yang ingin di capai sesuai dengan visi misi Madrasah adalah hal normatif terdapat guru juga yang bisa mensukseskan visi misi Madrasah agar mennghasilkan peserta didik yang baik, tercapai atau tidaknya kompetensi siswa, mutu pendidikan dan lain-lain (4) Sistem pembelajaran yang digunakan oleh para guru sebagai implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi siswa diluar jaringan dilakukan karena adanya kendala seperti: pertama yaitu keterbatasan ekonomi orang tua, Kedua yaitu ilmu yang diterima oleh siswa tidak terlalu jelas karena siswa dan murid tidak bertemu secara fisik, Ketiga yaitu menjalin komunikasi antara guru dan murid agar saling menegenal (5) faktorfaktor yang mempengaruhi implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi Siswa pada pembelajaran masa pandemi di MTs PAB-1 Helvetia Medan yaitu komunikasi. Komunikasi adalah hal terpenting baik itu kepada guru, staf, guru piket dan lainnya agar segala yang ditujukan demi terjalan nya pembelajaran tersampaikan semuanya kepada siswa-siswi di sekolah MTs PAB-1 Helvetia Medan (6) Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah agar implementasi pengembangan kurikulum dalam pencapaian kompetensi pada pembelajaran masa pandemi di MTs PAB-1 Helvetia Medan dapat berjalan efektif dan efisien yaitu kepala Sekolah yang dilakukan untuk Mengatasi hambatan impelementasi pengembangan kurikulum yang dilakukan kepala sekolah dan guru-guru tetap konsisten dan berkomitmen yang tercantum didalam silabus atau RPP yang sudah di rancang di awal tahun agar semua program semester, program tahunan dilakukan walau dalam keadaan pandemi. Sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang dapat membantu guru untuk melaksanakan kegaiatan belajar mengajar. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa Implenetasi Pengembangan Kurikulum Untuk Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Masa Pandemi di MTs PAB-1 Helvetia

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:40
Last Modified: 28 Dec 2021 06:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12690

Actions (login required)

View Item View Item