Analisis Perhitungan Pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 Atas Gaji Karyawan Pada PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) Divre I Medan

Lubis, Zuliana Sahfika (2021) Analisis Perhitungan Pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 Atas Gaji Karyawan Pada PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) Divre I Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULIANA SAHFIKA LUBIS AKUNTANSI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dan system perhitungan dan pemotongan PPh 21. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian Deskriptif. Hasil Penelitian ini adalah cara dan system perhitungan dan pemotongan PPh Pasal 21 atas gaji karyawan pada PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) Divre I Medan ini belum sesuai dengan Undang-Undang perpajakan, karena dalam perhitungan PPh 21 atas gaji karyawan ternyata perusahaan tidak membulatkan penghasilan kena pajak kedalam ribuan penuh. Hal ini tertulis dalam Undang-Undang RI No. 36 Tahun 2008 dalam pasal 17 ayat (4) yang menyatakan bahwa Untuk keperluan penerapan tarif pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), jumlah Penghasilan Kena Pajak dibulatkan kebawah dalm ribuan penuh. Dalam hal ini perusahaan tidak melakukannya yang akan mengakibatkan perbedaaan di PPh Terhutang Pasal 21. Selain itu perusahaan juga tidak memberikan denda kepada karyawan tetap yang tidak memiliki NPWP, karena menurut Undang-Undang No. 36 tahun 2008 ayat 5(a) dinyatakan bahwa besarnya tarif yang diterapkan terhadap wajib pajak yang tidak meunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak maka pembayaran pajaknya lebih tinggi 20% (dua puluh persen) daripada tarif yang diterapkan terhadap Wajib Pajak yang menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:34
Last Modified: 17 Dec 2021 07:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

View Item View Item