Pengaruh Total Hutang, Modal Kerja Dan Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Hotel, Restoran Dan Pariwisata Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

H., Masliannur (2021) Pengaruh Total Hutang, Modal Kerja Dan Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Hotel, Restoran Dan Pariwisata Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Final Masliannur H.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perusahaan merupakan organisasi yang beroperasi dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Perusahaan menggunakan laba yang diperolehnya untuk membiayai kegiatan operasionalnya seperti untuk membayar hutang dan dijadikan sebagai modal. Pihak manajemen perusahaan harus mengelola modal kerja dan penjualan secara produktif dan maskimal sehingga menghasilkan laba usaha yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total hutang, modal kerja dan penjualan terhadap laba pada perusahaan hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan yang diakses melalui www.idx.co.id. Populasi penelitian berjumlah 35 perusahaan hotel, restoran dan pariwisata dan sampel penelitian sebanyak 26 yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling selama 3 tahun sehingga jumlah sampel sebanyak 78 data pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan estimasi Fixed Effect Model yang di uji menggunakan Eviews versi 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, total hutang berpengaruh negatif terhadap laba perusahaan dengan nilai thitung > ttabel (-6,2449 > 1,9925), hal ini berarti bahwa total hutang menjadi salah satu dalam meningkatnya atau menurunnya laba yang dihasilkan perusahaan setiap tahunnya. Kedua, modal kerja berpengaruh positif terhadap laba perusahaan dengan nilai thitung > ttabel (2,7946 > 1,9925), hal ini berarti bahwa modal kerja merupakan dana yang telah digunakan untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan untuk memperoleh laba. Ketiga, penjualan tidak berpengaruh terhadap laba perusahaan dengan thitung < ttabel (1,9346 < 1,9925), hal ini berarti bahwa besar kecilnya laba yang diperoleh perusahaan dalam suatu periode tertentu tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya tingkat penjualan yang berhasil dilakukan oleh perusahaan. Keempat, total hutang, modal kerja dan penjualan berpengaruh terhadap laba perusahaan dengan nilai fhitung > ftabel (6,0161 > 2,7283), sehingga secara bersama-sama tinggi rendahnya variabel independen dapat mempengaruhi besar kecilnya laba perusahaan. Nilai Koefisien R-Square dalam penelitian ini sebesar 0,7746 yang berarti bahwa variabel total hutang, modal kerja dan penjualan mampu mempengaruhi laba sebesar 77,46%, sedangkan sisanya sebesar 22,54% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:31
Last Modified: 15 Dec 2021 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item