Peran BKM Masjid Nurul Amal Dalam Membina Aqidah Masyarakat Di Desa Ponjian Pegagan Julu X Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Sumatera Utara

Bancin, Sania Mariana (2021) Peran BKM Masjid Nurul Amal Dalam Membina Aqidah Masyarakat Di Desa Ponjian Pegagan Julu X Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SANIA FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini mengkaji tentang Peran BKM Masjid Nurul Amal Dalam Membina Aqidah Masyarakat di Desa Ponjian Pegagan Julu X Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi. Semakin manusia memperdalam Al-Quran, maka akan semakin terlihat bahwa kedudukan akidah dalam Islam merupakan hal yang utama dan harus dibuktikan dengan perilaku yang nyata. Bahkan dijelaskan pula bahwa salah satu tanda kuatnya akidah seseorang adalah apabila disebutkan tentang kebesaran dan kekuasaan-Nya. Dalam kehidupan masyarakat yang serba modern dan canggih sekarang ini, terlihat jelas masyarakat berubah makin jauh. Terlebih kondisi saat ini yang menuntut manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seringkali lalai dengan aturan dan tatanan agama sehingga keluar dari akidah dan syariat agama serta melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Aqidah Islam sangat menentukan bagi seorang muslim, sebab dalam sistem teologi agama ini di yakini bahwa sikap, perbuatan, dan perubahan yang terjadi dalam perilaku dan aktivitas seseorang sangat dipengaruhi oleh aqidah yang dianutnya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan yang di lakukan pengurus BKM dalam membina aqidah masyarakat, untuk mengetahui kegiatan ibadah masyarakat Masjid nurul amal ponjian dan untuk mengetahui peran BKM dalam membina aqidah masyarakat. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kualitataif, teknik pengumpulan data di proses dari hasil observasi langsung dengan narasumber dan dokumentasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran,Membina,Aqidah, Masyarakat
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:11
Last Modified: 08 Dec 2021 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12566

Actions (login required)

View Item View Item