Bentuk Bimbingan Agama Orang Tua Dalam Membentengi Prilaku Meniru Anak Di Desa Punden Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang

Sari, Indah (2021) Bentuk Bimbingan Agama Orang Tua Dalam Membentengi Prilaku Meniru Anak Di Desa Punden Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH SARI (0102172070).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan agama orang tua, untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan agama orang tua, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku meniru negatif anak. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Punden Rejo Kecamatan Tanjung Morawa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian ini adalah studi kasus dengan cara menetapkan lokasi dan waktu penelitian, jenis penelitian, informan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, serta analisis data. Temuan penelitian ini sebagai berikut: Orang tua dalam hal ini terdiri dari ayah dan ibu, yang merupakan orang yang paling bertanggung jawab bagi perkembangan anaknya, serta hal tersebut juga merupakan tugas yang mulia namun sangat berat yang diberikan Allah kepada manusia. Orang tua juga harus menjadikan anaknya sebagai manusia yang mampu hidup bersama dengan orang lain, berinteraksi, serta menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Dalam pembentukkan prilaku anak sangat dibutuhkan peran orang tua, sebab bimbingan dari orang tua sangatlah besar pengaruhnya dalam membentuk prilaku anak untuk masa depannya. Pada dasarnya seorang anak dapat berprilaku baik atau buruk sangat diwarnai oleh kehidupan keluarga. Perhatian dan kasih sayang orang tua sangat dibutuhkan oleh anak, terutama yang berbentuk bimbingan keagamaan sebagai salah satu cara dalam membentuk akhlak anak. Adapun bentuk-bentuk bimbingan agama orang tua dalam membentengi perilaku meniru negatif anak sebagai berikut: (1) bentuk bimbingan agama nasihat, (2) bentuk bimbingan agama keteladanan, (3) bentuk bimbingan agama pembiasaan, (4) bentuk bimbingan agama pengawasan. Faktor yang dapat mempengaruhi perilaku anak yakni faktor lingkungan dan faktor genetik. faktor genetik dapat membentuk perilaku anak, oleh sebab itu orang tua harus mencontohkan sifat-sifat yang baik kepada anak. Karena anak biasanya selalu menirukan apa yang dilihat dari orang tuanya. Dan orang tualah yang harus memberikan contoh positif kepada anak, karena perilaku dapat menjadi kebiasaan hingga anak dewasa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:08
Last Modified: 06 Dec 2021 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item