Penerapan Strategi Bermain Peran Dan Ekspositori Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Percut Sei Tuan

Rohani, Rohani (2012) Penerapan Strategi Bermain Peran Dan Ekspositori Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Percut Sei Tuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesis Rohani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII-6 SMPN 2 Percut Sei Tuan dalam materi menghindari akhlak tercela. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar PAI siswa kelas VIII-6 SMPN 2 Percut Sei Tuan sebelum penerapan tindakan, 2) hasil belajar PAI siswa setelah penerapan tindakan, 3) penerapan strategi pembelajaran bermain peran dan ekspositori dalam pembelajaran PAI dan 4) peningkatan hasil belajar PAI siswa setelah penerapan tindakan. PTK ini didesain untuk dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMPN 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah butir soal (tes) dan observasi. Instrumen butir soal diujicoba sebelum digunakan hingga terjamin validitasnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, hasil belajar PAI siswa kelas VIII-6 SMPN 2 Percut Sei Tuan sebelum penerapan strategi pembelajaran bermain peran dan ekspositori adalah 17.24%. Kedua, hasil belajar siswa kelas VIII-6 SMPN 2 Percut Sei Tuan setelah penerapan strategi pembelajaran bermain peran dan ekspositori pada siklus pertama mencapai 65.52% dan 100% pada siklus kedua. Ketiga, penerapan strategi pembelajaran bermain peran dan ekspositori dalam pembelajaran PAI melalui tiga tahap, yakni: pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Kegiatan inti pembelajaran terdiri dari memainkan peran, mengamati peran dan penjelasan materi secara verbal dari guru. Keempat, peningkatan hasil belajar siswa pada siklus pertama mencapai 280% dan 480% pada siklus kedua. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran bermain peran dan ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Percut Sei Tuan hingga mencapai KKM. v

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:49
Last Modified: 07 Feb 2017 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item