Penerapan Strategi Koperatif Tipe Number Head Together Dan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Medan

Nurbadiyah, Nurbadiyah (2012) Penerapan Strategi Koperatif Tipe Number Head Together Dan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Tesis Nurbadiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII-5 SMPN 17 Medan dalam materi sejarah dakwah Islam melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT dan media visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar PAI siswa sebelum tindakan, 2) Langkah-langkah pembelajaran dalam penerapan strategi pembelajaran koperatif tipe NHT dan media visual dalam pembelajaran PAI untuk siswa kelas VIII-5 Medan, 3) Hasil belajar siswa setelah penerapan tindakan dan 4) peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan tindakan. PTK ini didesain untuk dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMPN 17 Medan yang berjumlah 36 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah butir soal (tes) dan observasi. Instrumen butir soal diujicoba sebelum digunakan hingga terjamin validitasnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, hasil belajar PAI siswa kelas VIII-5 SMPN 17 Medan sebelum penerapan tindakan adalah 41.53, dan hanya mencapai ketuntasan sebesar 5.56%.. Kedua, dalam menerapkan strategi pembelajaran koperatif tipe NHT dan media visual, ada beberapa langkah pokok dalam pembelajaran yakni: penomoran siswa, pengelompokan, penyajian gambar, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama dan pengajuan jawaban. Ketiga, hasil belajar siswa setelah penerapan tindakan pada siklus pertama mencapai 57.08 dan 30.56% tingkat ketuntasan. Hasil belajar siswa pada siklus kedua adalah 81.94 dan 100% tingkat ketuntasan. Keempat, peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata pada siklus pertama mencapai 35.56%. Sedangkan peningkatan ketuntasan siswa mencapai 480%. Pada siklus kedua, peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai rata-rata adalah 93.32%. v Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran koperatif tipe NHT dan media visual efektif meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII-5 SMPN 17 Medan hingga mencapai KKM.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:18
Last Modified: 07 Feb 2017 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item