Analisis Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional Pada PT Perkebunan Nusantara III Kebun Bandar Selamat Kec. Aek songsongan Kab. Asahan

Ramadhani, Ira Yona (2021) Analisis Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional Pada PT Perkebunan Nusantara III Kebun Bandar Selamat Kec. Aek songsongan Kab. Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REVISI SKRIPSI SIDANG IRA YONA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perencanaan dan pengawasan biaya operasional sangat penting bagi perusahaan dalam mengembangkan kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan dan menghindari penyimpangan biaya yang dapat merugikan perusahaan. PTPN III Kebun Bandar Selamat juga merencanakan dan mengawasi biaya operasional perusahaan. Kemungkinan penyimpangan biaya bisa saja terjadi. penelitian ini membahas tentang bagaimana perencanaan dan pengawasan biaya operasional di PTPN III Kebun Bandar Selamat dan apakah perencanaan dan pengendalian di PTPN III Kebun Bandar Selamat efektif dalam mencegah penyimpangan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa yang dilakukan PTPN III Kebun Bandar Selamat sangat sesuai untuk perencanaan biaya operasional karena mengikuti pedoman yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Anggaran operasional bersifat top-down dan bottom-up, oleh karena itu perlu adanya kerjasama dalam penyusunan anggaran operasional yang membutuhkan rasa tanggung jawab semua pihak. Untuk pengawasan PTPN III Kebun Bandar Selamat, pengawasan biaya operasional dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan perusahaan. Ini menunjukkan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Perusahaan jarang menemui kendala. Mekanisme pengendalian PTPN III Kebun Bandar Selamat mengutamakan kejujuran dan akuntabilitas, berdasarkan kepercayaan, namun tetap ketat. Namun secara keseluruhan tingkat efisiensi biaya operasional PTPN III Kebun Bandar Selamat bahkan lebih rendah (kurang efektif).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pengawasan, Biaya operasional
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2021 05:41
Last Modified: 03 Nov 2021 05:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item