Pengaruh Penggunaan Cadar Terhadap Kondisi Psikologis Mahassiswi Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mukhti, Sri (2021) Pengaruh Penggunaan Cadar Terhadap Kondisi Psikologis Mahassiswi Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sri Muhkti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan cadar dilingkungan Universitas Sumatera Utara khususnya Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam tergolong minoritas, jika dikaitkan dengan peristiwa yang terjadi di Indoneisa belakangan ini menimbulkan stereotip dan stigma negatif masyarakat terhadap cadar, dalam psikologi hal ini dapat berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penilaian Masyarakat Terhadap Penggunaan Cadar Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apa yang menjadi landasan mahsiswi dalam menggunakan cadar. (2) memahami pengaruh penggunaan cadar terhadap kondisi psikologis mahasiswa fakultas ushuluddin dan studi islam di universits islam negeri sumatera utara. (3) Mengetahui respon yang diberikan mahasiswi bercadar tehadap stigma dan stereotip dari masyarakat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek, Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Partisipan menjadikan respon negatif masyarakat menjadi sesuatu yang positif sebagai tolak ukur bagi dirinya, sebagai intropeksi bagi dirinya, salah satu ujian hidup, sebagai batu pijakan untuk menjadi lebih baik, partisipian memilih untuk tidak terlalu memikirkan apa kata orang lain, menjadi suatu bahan evalusai bagi dirinya, Mereka beranggapan bahwa menggunakan cadar adalah keputusan yang tepat untuk menjadikan diri mereka lebih baik dari sebelumnya. (2)Penggunaan cadar tidak berpengaruh terhadap kondisi psikologis mahasiswi Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam. Hal ini terlihat dari tanggapan dan pengakuan dari partisipan sendiri, partisipan mampu menghadapi stigma negatif dengan cara-cara seperti menceritakan kondisinya kepada orang terdekat, melawan rasa takut atau sebagainya terhadap perlakuan dan stigma negatif masyarakat sehingga sudah terbiasa dengan hal-hal yang tidak mengenakkan. Adapun hal ini dipengaruhi beberapa faktor antara lain: pertama, yaitu faktor internal: yang berasal dari wanita bercadar, mereka yang menggunakan cadar dengan pemahaman dan berpedoman terhadap agama sebagai solusi dalam mengatasi stigma negatif masyarakat. Kedua, yaitu faktor eksernal: yaitu respon atau perlakuan masyarakat terhadap pengguna cadar termasuk stigma-stigma negatif terhadap cadar. (3) Agama merupakan pedoman hidup manusia dalam kehidupan manusia dalam mengatasi masalah yang dihadapi sehingga dapat mendamaikan lahir dan batin manusia. Agama sebagai tolak ukur manusia dalam menbentuk kepribadian dan perilaku yang berfungsi untuk memahami dan saling mengerti antar umat beragama dalam setiap individu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cadar, Kondisi Psikologis, Mahasiswi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.1 Falsafah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:05
Last Modified: 02 Nov 2021 08:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item