Penerapan Manajemen Kelas Unggulan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan

Baity, Zahro (2013) Penerapan Manajemen Kelas Unggulan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesisZahro Baity .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses penerapan manajemen kelas unggulan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang dibatasi pada pemenuhan dua standar pendidikan saja yaitu: (1) Standar Isi dan (2) Standar Proses.. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menginformasikan, yaitu: (1) Perencanaan standar isi dan standar proses kelas unggulan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan melibatkan tim pengembang kurikulum (TPK), yang terdiri atas: kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, ketua komite madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan dewan pakar Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, (2) Pengorganisasian standar isi dilakukan oleh Kepala Madrasah sedangkan penggorganisasian standar proses dilaksanakan oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum bekerjasama dengan Wakil Kepala Madrasah Bidang MGMP, (3) Pelaksanaan standar isi dan proses yang dilakukan guru bidang studi meliputi pelaksanaan kurikulum sesuai dengan KTSP MAN 1 Medan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran, dan (4) Evaluasi standar isi dan proses pada program kelas unggulan dilakukan dengan empat tahap. Tahap evaluasi tersebut dilakukan pada tiap bulan, tiap triwulan, tiap semester, dan tiap akhir tahun ajaran. Bidang-bidang yang dievaluasi meliputi: ide KTSP, pengembangan KTSP, pelaksanaan KTSP dan hasil KTSP. Pelaksana fungsi evaluasi kurikulum melibatkan kerja tim yang terdiri dari guru, wali kelas, wakil-wakil kepala madrasah, dan kepala madrasah. Namun dalam praktiknya evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dilaksanakan pada akhir tahun ajaran. Sedangkan evaluasi bulanan, triwulan, dan semester dilakukan oleh guru dan Wakil Kepala Madrasah Bidang MGMP dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 03 Feb 2017 09:19
Last Modified: 03 Feb 2017 09:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item