Analisis Kelistrikan Larutan Elektrolit Berbasis Sari Belimbing Wuluh dan Sari Jeruk Kunci Sebagai Sumber Energi Alternatif

Nasution, Zafira Amalia (2021) Analisis Kelistrikan Larutan Elektrolit Berbasis Sari Belimbing Wuluh dan Sari Jeruk Kunci Sebagai Sumber Energi Alternatif. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FIXS ACC SKRIPSI ZAFIRA AMALIA NST.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian bertujuan (i) untuk mengetahui pengaruh pencampuran sari belimbing wuluh dan sari jeruk kunci terhadap nilai pH, tegangan listrik, arus listrik, dan daya listrik larutan elektrolit yang dihasilkan, (ii) untuk mengetahui kemampuan larutan elektrolit sari belimbing wuluh dan sari jeruk kunci ketika menyalakan lampu LED merah 1 jam, (iii) Untuk mengetahui massa elektroda Cu (tembaga) dan Zn (seng) sebelum dan setelah bereaksi dengan larutan elektrolit. Penelitian ini menggunakan sari belimbing wuluh dan sari jeruk kunci sebagai larutan elektrolit, serta menggunakan elektroda Cu (tembaga) dan Zn (seng) sebagai anoda dan katodanya. Berdasarkan hasil pengukuran yang telah dilakukan terhadap larutan elektrolit sari belimbing wuluh dan sari jeruk kunci diperoleh bahwa rentang nilai pH nya antara 2,2 sampai 2,8, tegangan listrik 1,73 V sampai 1,64 V, arus listrik 1,05 mA sampai 0,99 mA, sedangan untuk daya listrik 1,81 mW sampai 1,62 mW. Tinggi rendahnya suatu tegangan, arus dan daya listrik di pengaruhi oleh nilai pH. Hal ini dinyatakan bahwa seiring meningkatnya variasi volume sari belimbing wuluh maka nilai pH akan semakin kecil sedangkan untuk tegangan listrik, arus listrik, dan daya listrik yang dihasilkan akan semakin besar dan sebalikknya. Selanjutnya kemampuan larutan elektrolit sari belimbing wuluh dan sari jeruk kunci dalam menyalakan lampu LED merah selama 1 jam terjadi penurunan tegangan dan arus listrik secara stabil seiring dengan waktu pembebanan. Dan untuk massa elektroda Cu (tembaga) dan Zn (seng) setelah bereaksi dengan larutan elektrolit terjadi perubahan massa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengukuran di mana terjadinya penambahan massa pada elektroda Cu (tembaga) dan pengurangan massa pada elektroda Zn (seng).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Oct 2021 15:21
Last Modified: 09 Oct 2021 15:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12293

Actions (login required)

View Item View Item