Strategi Komunikasi pengelola Bank Sampah Mutiara Dalam Meningkatkan Kebersihan Dan Kesehatanlingkungan Dikelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan

Syahputra, Andi (2015) Strategi Komunikasi pengelola Bank Sampah Mutiara Dalam Meningkatkan Kebersihan Dan Kesehatanlingkungan Dikelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Tesis Andi Syahputra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi Pengelola Bank Sampah Mutiara dalam meningkatkan kebersiahan dan kesehatan di Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan dengan rumusan masalah secara khusus yaitu:1.Bagaimana strategi komunikasi Pengelola Bank Sampah Mutiara dalam penentukan tujuan komunikasi; 2. Bagaimana strategi komunikasi Pengelola Bank Sampah Mutiara dalam penggunaan dan pemilihan media; 3. Bagaimana strategi komunikasi Pengelola Bank Sampah Mutiara dalam mengatasi hambatan-hambatan komunikasi; 4. Apakah Pengelola Bank Sampah Mutiara ada menggunakan prinsip-prinsip komunikasi Islam. Adapun teknik yang digunakan Pengelola dalam meningkatakan kebersihan dan Kesehatan dikelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan yang di kemukakan oleh Hafied Cangara adalah komunikasi informatif, komunikasi persuasif, komunikasi intruksional, komunikasi koersif dan komunikasi humanistik. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research )kualitatif deskriftif, yang merupakan penelitian yang dapat memberikan gambaran factual mengenai strategi komunikasi Pengelola Bank Sampah Mutiara dalam meningkatkan kebersiahan dan kesehatan dikelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Teknik pengumpul data yang dilakukan dengan cara wawancara tidak berstruktur, observasi, studi dokumentasi. Untuk menunjang perolehan data secar kualitatif. Analisa keabsahan data dilakukan dengan tahap: 1. Kredibilitas; 2. Keteralihan; 3. Ketergantungan; 4. Ketegasan. 5 5 Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi Pengelola Bank Sampah Mutiara dalam meningkatkan Kebersihan dan Kesehatan di Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Strategi dalam penentuan tujuan komunikasi dilakukan Pengelola Bank Sampah Mutiara untuk penyebaran informasi, sosialisasi dan pameran melalui staf dan kariyawan serta melibatkan Dinas Kebersihan Kota Medan, Kecamatan, kelurahan,Tokoh masyarakat dan masyarakat.Media yang dipergunakan adalah media elektronik seperti Hp, internet, web/Blog, TV, radio, surat- menyurat, spanduk, pameran. Dalam menghadapi hambatan-hambatan komunikasi `Pengelola melakukan sosialisasi secara rutin kepada warga masyarakat. Untuk mendapatkan dukungan dan partisipasi dari masyarakat terhadap program Bank Sampah Mutiara Pengelola menggunakan prinsip-prinsip Komunikasi Islam dalam penyampaian pesan kepada masyarakat yaitu : a. Prinsip Qaulan Baligha, b. Prinsip Qaulan Karima, c. Prinsip Qaulan Maysura, d. Prinsip Qaulan Ma’rufa, e. Prinsip Qaulan Layyina, f. Prinsip Qaulan Sadida.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Komunikasi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 02 Feb 2017 02:24
Last Modified: 02 Feb 2017 02:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item